NEWS VIDEO, Luhut Singgung Konflik Sigapiton saat Peresmian Kawasan Kaldera

Nanti Sigapiton, saya akan ke sana. Saya janji, dan nanti setelah ini saya minta bicara dengan tetua-tuanya apa yang masih kalian ragukan.

TRIBUN-MEDAN.COM, TOBASA - Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Danau Toba (BPODT) melakukan peletakan batu pertama pembangunan glamorous camping crystal land development, di kawasan wisata The Kaldera Toba Nomadic Escape Dusun Pardamean Sibisa, kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Senin (14/10/2019).

Pada peresmian dan peletakan batu pertama tersebut, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan menyinggung persoalan yang tengah terjadi, terkhusus Masyarakat Adat Sigapiton.

"Nanti Sigapiton, saya akan ke sana. Saya janji, dan nanti setelah ini saya minta bicara dengan tetua-tuanya apa yang masih kalian ragukan. Saya bilang Ari (Direktur BPODT) Ari Prasetio tadi, tanda tangan kalau itu sepanjang aturan main,"ujar Luhut.

Luhut berjanji akan membantu menyelesaikan persoalan yang masih ada di Sigapiton. Dia juga menganjurkan Warga Sigapiton menemui dirinya.

"Jadi, kalau masyarakat Sigapiton anda jangan mau diprovokasi orang-orang yang tidak jelas, datang ke saya, kapan saja, dimana saja"sebutnya.

Dia juga memeritah Bupati Toba Samosir Darwin Siagian segera menyelesaikan Perda Adat. Karena, nantinya warga bisa menjadi suplier sumber makanan untuk kebutuhan wisatawan.

"Pak Bupati, segera tanah adat itu selesaikan, itu tinggal nanti mohon pak Gubernur bantu biar selesai prosesnya. Kenapa, saya minta nanti seluruh sayur-sayur di sini, apa yang bisa dihasilkan dari pertanian rakyat itu tadi bisa menyuplai,"tambah Luhut.

(jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved