Pemko Medan Dukung Penuh Komunitas yang Ikut Kampanyekan Hidup Bersih

emko Medan mendukung penuh setiap kelompok masyarakat maupun komunitas yang ikut berpartisipasi dalam mengampanyekan hidup bersih

Pemko Medan Dukung Penuh Komunitas yang Ikut Kampanyekan Hidup Bersih
TRIBUN MEDAN/HO
Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ketika menerima audiensi pengurus Pusat Pengkajian dan Pengembangan Masyarakat Nelayan (P3MN) di Ruang Kerja Wakil Wali Kota, kamis (10/10/2019). 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN - Pemko Medan mendukung penuh setiap kelompok masyarakat maupun komunitas  yang ikut berpartisipasi dalam mengampanyekan hidup bersih dan tidak permisif (bersifat terbuka) kepada prilaku membuang sampah sembarangan. Dengan partisipasi yang dilakukan kelompok masyarakat dan komunits tersebut, keinginan menjadikan Kota Medan bersih sampah dapat terwujud.

Dukungan Pemko Medan disampaikan Wali Kota Medan  Drs  H  T Dzulmi Eldin S  MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan  Ir  H  Akhyar Nasution MSi  ketika menerima audiensi pengurus Pusat Pengkajian dan Pengembangan Masyarakat Nelayan (P3MN) di Ruang Kerja Wakil Wali Kota, kamis (10/10/2019).

“Harus kita tumbuhsuburkan kesadaran bahwa sampah kita adalah tanggung jawab kita. Jangan mengharapkan orang lain atau petugas kebersihan mengutip sampah yang kita buang sembarangan. Wadahi sampah kita dan pemerintah akan membawanya ke tempat pembuangan akhir,” kata Wakil Wali Kota kepada Ketua P3MN Leonardo Marbun didampingi pengurus lainnya Hermansyahdan Friska Irnawati Purba.

Dalam mengampanyekan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih, ungkap Wakil Wali Kota, tentunya dibutuhkan keberanian namun tetap dalam kesopanan dan menjaga etika. “Selama ini kita masih permisif pada orang yang membuang sampah sembarang. Sudah saatnya kita berani menegur orang maupun perusahaan yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Tentunya teguran itu harus dilakukan dengan sopan dan beretika, tetapi menohok,” tegasnya.

Sedangkan Leonardo Marbun menjelaskan, tujuan kedatangan mereka untuk mengkampanyekan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, serta mengurangi penggunaan plastik karena dapat merusak lingkungan. “Kampanye ini akan kami lakukan dalam kegiatan yang ramai dikungji masyarakat, salah satunya seperti Car Free Day yang rutin digelar setiap Minggu di Lapangan Merdeka,” jelas Leonardo.

Wakil Wali Kota mempersilakan P3MN untuk berkampanye kebersihan. Hanya saja dia berpesan agar saat kampanye dilakukan menghindarkan penggunaan brosur karena berpotensi menjadi sampah. Sebab, usai dibaca, brosur acap kali dibuang warga sehingga akhirnya menjadi sampah. Di samping Car Free Day, Wakil Wali Kota juga berpesan agar kampanye juga dilakukan di sekitar tempat tinggal sehingga hasilnya lebih efektif. (DA)

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved