Dzulmi Eldin Awali Karier di Deliserdang, Minta Maaf ke Warga saat Ultah Kota Medan

Tertangkapnya Walikota Medan, Dzulmi Eldin oleh KPK mengejutkan banyak pihak, termasuk di kalangan pejabat di Deliserdang yang mengenalnya.

Dzulmi Eldin Awali Karier di Deliserdang, Minta Maaf ke Warga saat Ultah Kota Medan
TRIBUN MEDAN/HO
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH saat menghadiri acara Halal Bi Halal dan Pemberangkatan Haji, Selasa (9/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Tertangkapnya Walikota Medan, Dzulmi Eldin oleh KPK mengejutkan banyak pihak, termasuk di kalangan pejabat di Deliserdang yang mengenalnya.

Eldin pernah menjadi camat di Kabupaten Deliserdang. Pada tahun 1987 ia bertugas sebagai Camat Lubukpakam.

Lubukpakam merupakan ibukota Kabupaten Deliserdang. Sebagai seorang Camat sosok Eldin dikenal begitu dekat dengan bawahan. Orang yang termasuk sebagai bawahannya saat itu adalah Haris Binar Ginting yang saat ini menjabat sebagai Kadis Kominfo Deliserdang.

"Waktu tahun 1987 itu aku baru jadi PNS. Penempatan pertama di Lubukpakam. Jadi saat itu camatnya itu beliau (Eldin). Baik kali sama kami bawahannya. Ya, orangnya memang ramah kali. Melayu kalilah. Terbuka dia itu, terus mana pernah marah-marah dia sama kami," kata Haris Binar Ginting, Rabu (16/10/2019).

Saking ramahnya, kata Haris, Eldin tidak pernah mempersoalkan kalau bawahannya memanggil dirinya dengan sapaan Abang.

Disebut walaupun Eldin sudah menjadi orang nomor 1 di Kota Medan namun sifatnya katanya tidak banyak berubah. Haris menyebut sering berjumpa dengan Eldin ketika hadir di acara-acara pemerintahan di Jakarta.

"Walaupun sudah jadi Walikota ya tetap kupanggil abang dia. Ya, pasti terkejut kalilah tadi pagi dengar kabar berita seperti itu (ditangkap KPK)," kata Haris.

Setelah menjadi camat, Eldin pindah ke Pemprov Sumut menjadi Kepala Kantor Penghubung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara.

Tak lama di Pemprov Sumut, Eldin diangkat menjadi Kepala Dinas Pendapatan Kota Medan dan tak lama kemudian menjadi Sekretaris Daerah Kota Medan.

Dzulmi Eldin maju di Pilkada Medan bersama Rahudman Harahap dan akhirnya menjadi Wakil Wali Kota Medan (2010-2013). Setelah itu, ia menjadi Plt Wali Kota Medan karena Wali Kota Rahudman Harahap tersandung kasus korupsi.

Halaman
1234
Penulis: Indra Gunawan
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved