Masuk Tim Pelatda, Veronika Tarigan Bidik Juara pada Kejurnas Gulat

Atlet kelahiran Berastagi, 12 Mei 2000 ini berhasil meraih medali emas di ajang kejuaraan gulat senior Sumut yang digelar di GOR Mini Disporasu.

Masuk Tim Pelatda, Veronika Tarigan Bidik Juara pada Kejurnas Gulat
Tribun Medan/Chandra
Pegulat Putri Sumut asal tanah Karo Veronika Br Tarigan (pegang medali). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Asa Veronika Br Tarigan untuk bisa berlaga di ajang olahraga tertinggi di Indonesia yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan digelar di Papua tahun 2020 kini terbuka lebar.

Pegulat putri asal Tanah Karo ini kembali dipanggil masuk tim Pelatda untuk persiapan kejuaraan nasional (kejurnas) yang juga babak kualifikasi Pra-PON di Jakarta 1-5 November mendatang.

Sebelumnya, atlet kelahiran Berastagi, 12 Mei 2000 ini berhasil meraih medali emas di ajang kejuaraan gulat senior Sumut yang digelar di GOR Mini Disporasu baru-baru ini. Turun di kelas 50 kg kategori bebas putri, Vero sukses mengalahkan para pesaingnya dari Dairi dan Medan. Berkat kemenangan itulah dirinya bisa kembali masuk tim pelatda untuk mewakili Sumut di Pra-PON.

"Sudah mulai kembali latihan di tim pelatda. Senang bisa gabung lagi. Jadi bakal ikut Pra-PON November nanti," ujarnya kepada Tribun Medan, Rabu (16/10/2019).

Jelang Pra-PON, Vero mengatakan tengah fokus berlatih keras. Waktu beberapa Minggu ini akan digunakannya untuk meningkatkan kemampuan dan membenahi kekurangannya. Untuk menjaga fisiknya agar tetap prima, Mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED ini tetap rajin mengonsumsi susu dan vitamin. Dia berharap bisa mempersiapkan diri dengan baik dan tidak cidera .

"Persiapan sudah 75 persen. Jelang Pra-PON lebih semangat lagi untuk mempersiapkan diri, karena waktunya juga tiga Minggu lagi. Tekni dan fisik harus makin dimantapkan," imbuhnya.

Lebih lanjut kata Vero, di kejurnas nanti, dirinya menargetkan bisa meraih juara. Meski diakuinya tak semudah membalikkan telapak tangan, namun dia akan berusaha sekuat tenaga.

Kalaupun tak bisa jadi juara minimal dia mengatakan harus mampu menyumbangkan medali perunggu bagi Sumut. Ini untuk memuluskan langkahnya meraih satu tiket lolos berlaga di PON Papua tahun depan. Torehan prestasi medali perunggu di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2019 di Jakarta baru-baru ini tentu jadi modal berharga sekaligus motivasi baginya untuk bisa bersaing di kancah nasional.

"Saya turun di kelas ringan timbangan 50 kg. Saingan berat itu ada dari Riau, Jawa Timur, Kaltim, Jakarta, dan Papua. Maunya sih juara 1,tapi dapat juara 3 juga bersyukur Karna melihat persaingan, yang penting bisa masuk PON sudah membanggakan sekali bagi saya, karena ini PRA-PON pertama saya. Harapannya di Pra-PON dan PON tahun 2020 bisa berprestasi," pungkas peraih Medali emas Porprov Sumut 2019 ini.

Biofile:
Nama: Veronika Br Tarigan
TTL: Berastagi, 12 Mei 2000
Ayah: Fredy Budianta Tarigan
Ibu: Ingan Arih Br Sembiring
Pendidikan: Mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED 2018

Prestasi:
- Juara 2 Kejuaraan Gulat U-23 di Jawa Tengah 2018
- Medali Perunggu POMNAS Jakarta 2019
- Medali emas Porprov Sumut 2019
- Medali emas kejuaraan gulat senior tingkat provinsi Sumut 2019

(cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved