Medan Kota Bersaing dengan 14 Kecamatan di Sumut Jadi Kecamatan Terbaik

Medan Kota yang mewakili kecamatan di Kota Medan berpeluang besar keluar sebagai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019.

Medan Kota Bersaing dengan 14 Kecamatan di Sumut Jadi Kecamatan Terbaik
TRIBUN MEDAN/HO
Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara di Kantor Camat Medan Kota Jalan Stadion, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Selasa (15/10/2019). 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN - Medan Kota yang mewakili kecamatan di Kota Medan berpeluang besar keluar sebagai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019. Saat ini Kecamatan Medan Kota tengah bersaing dengan 14 kecamatan lainnya yang ada di Provinsi Sumut untuk menyandang predikat  kecamatan terbaik. Ada sejumlah program  dan inovasi yang  diandalkan Kecamatan Medan Kota, guna  mendukung kriteria penilaian untuk memenangkan gelar sangat membanggakan tersebut.

Hal ini terungkap ketika Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara di Kantor Camat Medan Kota Jalan Stadion, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Selasa (15/10/2019). Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Pemerintahan Musaddad Nasution mengatakan, kunjungan tim penilai ini merupakan kesempatan baik bagi Kecamatan Medan Kota.

Ajang ini, lanjut Musaddad, dapat menjadi sarana bertukar informasi yang nantinya menjadi bahan evuluasi tersendiri bagi Kecamatan Medan Kota khususnya dan bagi Kota Medan umumnya, dalam menjalankan seluruh program pemerintah serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Selanjutnya ungkap Musaddad, Kecamatan Medan Kota memiliki beberapa program unggulan yang penuh inovasi pelayanan dan pembangunan."Untuk itu saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dedikasi serta kinerja camat dan seluruh jajarannya, begitu juga dengan PKK Kecamatan, terkhusus kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan. Saya menilai Kecamatan Medan Kota layak menjadi salah satu nominasi kecamatan terbaik di tingkat Provinsi Sumut, bahkan menjadi juara," kata Musaddad.

Diingatkan Musaddad, penilaian dan gelar juara adalah bonus atas kerja keras yang dilakukan selama ini. "Tetaplah menjaga ritme kerja yang baik, sebab puncak penghargaan bagi kita adalah kepuasaan serta partisipasi dari masyarakat atas apa yang kita laksanakan," pesannya.

Camat Medan Kota T Yudi Chairuniza, selanjutnya memaparkan ekspose atas capaian dan inovasi yang telah dilakukan di Kecamatan Medan Kota dihadapan tim penilai. Diawali dengan pemaparan profil,  Yudi selanjutnya mengungkap inovasi yang telah dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dikatakan Yudi, Kecamatan Medan Kota saat ini  telah menyediakan ruang khusus merokok bagi masyarakat yang tengah membutuhkan layanan di Kantor Kecamatan Medan Kota. Dengan ruang khusus ini, Yudi pun berharap agar warga yang tidak merokok tidak terganggu.

Di samping itu tambah Yudi lagi, mereka juga menyediakan toilet khusus bagi penyandang disabilitas dan ruangan bagi ibu menyusui. Adapun tujuan pengadaan toilet khusus dan ruang menyusui, jelas Yudi, agar penyandang disabilitas maupun ibu menyusui agar tidak terganggu saat melakukan pengurusan di Kantor Kecamatan Medan Kota.

"Program terbaru kita untuk mempermudah layanan bagi masyarakat, kita telah meluncurkan Program Siakur. Melalui program ini, kita telah menyiapkan tim yang akan mengantar langsung ke rumah setiap pengurusan administrasi warga seperti surat-surat maupun dokumen kependudukan seperti KTP, KK serta akta kelahiran  apabila sudah selesai," jelasnya.

Tidak itu saja bilang Yudi, seluruh lurah telah diinstrukannya untuk berkantor rutin setiap Minggu di pos siskamling untuk lebih dekat dan cepat melayani masyarakat. Guna mendukung layanan, komputer dan printer dari kantor kelurahan ke pos siskamling. "Alhamdulillah, langkah kita ini mendapat apresiasi warga. Artinya, upaya kita (pemerintah) untuk hadir di tengah masyarakat telah dirasakan masyarakat," paparnya.

Sedangkan untuk penataan lingkungan, Yudi menjelaskan, mereka telah berhasil menjadikan sejumlah tempat yang selama ini kumuh karena lokasi pembuangan sampah telah diubah menjadi tempat selfie yang menarik bagi warga. "Ada 12 lokasi yang telah kita jadikan tepat selfie. Ke depan, kita akan berupaya menghadirkan tempat selfie di seluruh lingkungan di wilayah Kecamatan Medan Kota," tekadnya.

Setelah itu giliran Ketua PKK Kecamatan Medan Kota Nur Yudi Chairuniza menyampaikan ekspose, terkait program PKK yang telah dilakukan selama ini, termasuk keberhasilan yang telah diraih sekaligus menghadirkan seluruh kelompok kerja (pokja) yang mendukung seluruh program PKK.

Usai melihat pemaparan dan ekspose yang disampaikan Camat Medan Kota dan Ketua PKK Kecamatan Medan Kota, Ketua Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut Drs Koni Ismail Siregar mengatakan, sudah melakukan penilaian sekaligus supervisi di 5 kota di Provinsi Sumut dan Kecamatan Medan Kota merupakan yang keenam.

"Tugas kami adalah melakukan penilaian dan penyaringan. Saat ini ada 15 kecamatan dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumut. Kami akan melakukan penyaringan untuk memilih 6 kecamatan terbaik, semoga Kecamatan Medan Kota masuk 6 besar dan bisa keluar sebagai pemenang. Kami melihat saya saingan Kecamatan Medan Kota adalah kecamatan dari Kota Pematang Siantar," ungkap Koni. (H) 

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved