Breaking News:

Siswa dan Bapak-bapak Beradu Kemampuan, Turnamen Catur Dispora Dairi

Turnamen catur ini diikuti 31 pelajar dan 56 masyarakat umum, sedangkan pada turnamen bulu tangkis, diikuti 9 pasang ganda putri

Penulis: Dohu Lase |
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Bupati Dairi Eddy Berutu (tengah) memulai langkah pertama bidak catur sebagai pertanda dibukanya secara resmi Turnamen Catur dan Bulu Tangkis yang diselenggarakan Dispora Dairi bekerja sama dengan Percasi Dairi, Kamis (17/10/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Puluhan pelajar SMA/SMK dan bapak-bapak di Sidikalang, Kabupaten Dairi, adu kemampuan pada turnamen catur dan bulu tangkis yang diselenggarakan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Dairi.

Turnamen ini terselenggara berkat kerja sama Dispora dengan organisasi Percasi Kabupaten Dairi, yang mayoritas anggotanya kalangan wartawan dan pegiat LSM di Dairi.

Terlihat sejumlah personel Polres Dairi turut berpartisipasi sebagai peserta pada turnamen bulu tangkis.

Mulainya turnamen ini secara resmi ditandai lewat langkah pertama bidak catur oleh Bupati Dairi, Eddy Berutu.

Kabid Keolahragaaan Dispora Dairi, Mangaranap Manik mengatakan, turnamen catur ini diikuti 31 pelajar dan 56 masyarakat umum, sedangkan pada turnamen bulu tangkis, diikuti 9 pasang ganda putri dan 41 pasang ganda putra.

Khusus catur, diselenggarakan mulai tanggal 17 hingga 21 Oktober 2019. Sementara, bulu tangkis mulai tanggal 21 hingga 24 Oktober. Total hadiah yang disiapkan mencapai puluhan juta rupiah.

"Hadiah kepada pemenang berupa piala dan uang pembinaan. Untuk catur, total hadiah Rp8,5 juta dan untuk bulutangkis, total hadiah Rp12,5 juta," kata Mangaranap saat membacakan laporannya sebelum turnamen dibuka.

Selanjutnya, Bupati Eddy Berutu dalam arahannya sebelum membuka turnamen ini, mengucapkan apresiasi kepada penyelenggara turnamen.

Dikatakannya, olahraga tergolong bahasa universal yang dapat menyatukan seluruh unsur masyarakat, sekaligus mampu mengangkat martabat bangsa.

Membangun bangsa, lanjut Eddy, butuh rakyat yang sehat. Oleh sebab itu, kegiatan-kegiatan olahraga menjadi salah satu perhatian serius Pemkab Dairi di bawah komandonya untuk dikembangkan.

Eddy optimistis, jika diselenggarakan terus-menerus, maka akan muncul sendiri bibit-bibit unggul.yang mampu berkiprah pada level yang lebih tinggi.

"Kabupaten Dairi pernah punya atlet level nasional. Sebut saja atlet catur, almarhum Charles Manik. Kompetisi-kompetisi seperti ini harus terus diadakan untuk menjaring anak-anak muda Dairi berbakat, yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Dairi ke kancah provinsi, nasional, bahkan internasional," ujar Eddy.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Eddy berpesan kepada para atlet agar senantiasa menjunjung sportivitas.

(cr16/tribun-medan.com)
 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved