Pengamat Minta Masyarakat Jeli dan Tuntut Partai Hadirkan Calon Wali Kita Medan Berkualitas

Masyarakat berperan penting dalam proses menghadirkan calon pemimpin yang berkualitas.

Pengamat Minta Masyarakat Jeli dan Tuntut Partai Hadirkan Calon Wali Kita Medan Berkualitas
Prof Marlon Sihombing 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Pascaperistiwa Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK terhadap Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik USU, Marlon Sihombing meminta masyarakat lebih teliti memilih calon pemimpin.

Menurut Marlon, masyarakat berperan penting dalam proses menghadirkan calon pemimpin yang berkualitas.

"Partai politik juga memiliki tanggung jawab moral terhadap publik mengenai kualitas pemimpin yang akan diusung sebagai pilar demokrasi," katanya, Jumat (18/10/2019).

Tradisi prodeo yang ditorehkan tiga Wali Kota Medan secara berturut-turut ini, kata Marlon mesti dihilangkan karena memberikan stigma buruk.

Menurut Marlon, masyarakat juga harus melihat track record dari kandidat yang disuguhkan oleh parpol.

Selanjutnya, partai politik harus lebih mengedepankan partisipasi masyarakat dengan memberikan informasi kepada khalayak.

"Parpol dalam hal ini harus lebih transparan menyajikan survey serta polling, kandidat mana yang memang dipilih masyarakat. Indikator ini penting,"tambahnya.

Dikatakannya, peristiwa OTT yang menimpa Wali Kota Medan, tidak berpengaruh signifikan terhadap partisipasi masyarakat pada pilkada mendatang.

Hal itu kata Marlon dapat dihindari dengan meningkatkan partisipasi dan peran masyarakat dalam memberikan pandangan terhadap kandidat-kandidat yang masuk ke dalam proses penjaringan partai politik.

(gov/tribun-medan.com)

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved