Wali Kota Medan Ditahan KPK, Ombudsman Minta Pelayanan Publik Tak Terhambat

Hindari pelayanan yang menyusahkan masyarakat apalagi dengan praktik pungutan dan korupsi.

Wali Kota Medan Ditahan KPK, Ombudsman Minta Pelayanan Publik Tak Terhambat
TRIBUNNEWS
Wali Kota Medan, Tengku Dzulmi Eldin menggunakan rompi oranye dan tangan diborgol usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019) dini hari. 

TRIBUN-MEDAN.com - KPK menetapkan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin sebagai tersangka kasus dugaan suap.

Ia diduga menerima suap total  Rp330 juta untuk menutupi pengeluaran yang tak bisa ditutupi APBD saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke Jepang.

Perjalanan dinas ke Jepang itu dilakukan dalam rangka kerja sama sister city antara Medan dan Ichikawa. Saat itu, Eldin disebut mengajak istri, dua anak, dan orang lainnya yang tidak berkepentingan.

Kepala Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) Abyadi Siregar meminta pelayanan publik jangan terganggu meski Wali Kota Medan telah ditahan.

"Seluruh unsur pelayanan publik di lingkungan Kota Medan agar bekerja seperti biasa. Lakukan layanan kepada masyarakat. Tunjukkan kalau kita adalah penyelenggara pelayanan publik yang baik," katanya, Jumat (18/10/2019).

Hindari pelayanan yang menyusahkan masyarakat apalagi dengan praktik pungutan dan korupsi. Ia meminta agar seluruh aparatur memperbaiki layanannya dan jangan terganggu mengenai masalah ini.

"Kita harus merasa prihatin juga dengan kondisi ini. Sebagai warga kota kita harusnya malu sudah tiga wali kota dan gubernur kita yang masuk (KPK)," katanya.

Ia mengatakan, ini adalah momentum untuk masyarakat Medan dan Sumatera Utara untuk mencari dan memiliki kesadaran untuk memilih pemimpinan yang berintergritas.

"Yang bisa memimpin Medan ini dengan jujur dan baik tanpa prilaku korupsi," ujarnya.

Ditanya soal jual beli jabatan, Ia melihat, hal ini sudah menjadi hal yang lumrah dan sudah menjadi rahasia umum di pemerintahan.

Halaman
12
Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved