Angin Kencang Porak-porandakan Desa di Dataran Tinggi Dieng, Pohon Tumbang dan Rumah Rusak

Angin kencang melanda sejumlah desa kawasan dataran tinggi Dieng, tepatnya di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Angin Kencang Porak-porandakan Desa di Dataran Tinggi Dieng, Pohon Tumbang dan Rumah Rusak
Kolase facebook Eris Riswandi
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com - Angin kencang melanda sejumlah desa kawasan dataran tinggi Dieng, tepatnya di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, sejak Minggu (20/10/2019) malam.

Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Banjarnegara Tejo Sumarno mengatakan, angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Sejumlah atap rumah juga dilaporkan rusak akibat peristiwa tersebut.

"Semalam kalang kabut, listrik padam, banyak pohon tumbang di jalur Batur-Batang, tepatnya di Telaga Abang, melebar sampai ke Grogol. Atap rumah rusak, tapi tidak semua," kata Tejo saat dihubungi, Senin (21/10/2019).

Menurut Tejo, angin kencang mulai terjadi sejak sekitar pukul 19.00 WIB atau 20.00 WIB.

Hingga Senin pagi, angin masih cukup kencang, meski tidak sekencang Minggu malam.

"Tadi malam orang berdiri (rasanya) terbawa angin. Pagi ini angin sudah berkurang, cuma bagi orang sini kecepatan masih tinggi," ujar Tejo.

Menurut Tejo, sebuah mobil di jalur Batur-Batang juga dilaporkan sempat terjebak akibat pohon tumbang Senin pagi. Tidak ada korban jiwa, pengemudi mobil sudah dievakuasi ke rumah sakit.

"Ada satu kendaraan mobil, sudah dievakuasi, depan tumbang, belakang tumbang, sebagian mobil terkena pohon, kejadian tadi pagi. Setelah dicek orang wilayah Batang, korban sudah dievakuasi ke rumah sakit," jelas Tejo.

Tejo mengatakan, saat ini tim gabungan masih melakukan evakuasi dan pembersihan pohon yang tumbang. Akses jalan yang sempat tertutup, sebagian sudah bisa dilewati, namun harus hati-hati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Angin Kencang di Dataran Tinggi Dieng, Pohon Tumbang dan Rumah Rusak"

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved