Korupsi Sekolah Luar Biasa Paluta, Beda Pendapat Terdakwa dan Jaksa Punya Bukti Juknis Kementerian

Jaksa Penuntut Umum dari Kejari Paluta memiliki bukti yang menunjukkan bahwa Juknis Kementerian pengerjaan proyek tersebut harus diswakelola.

Korupsi Sekolah Luar Biasa Paluta, Beda Pendapat Terdakwa dan Jaksa Punya Bukti Juknis Kementerian
TRIBUN MEDAN/VICTORY HUTAURUK
Sidang lanjutan sidang korupsi pembangunan Gedung Sekolah Luar Biasa (SLB) berlangsung dengan perdebatan, di Pengadilan Tipikor Medan, Selasa (22/10/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sidang lanjutan sidang korupsi pembangunan Gedung Sekolah Luar Biasa (SLB) berlangsung dengan perdebatan, Selasa (22/10/2019) di Pengadilan Tipikor Medan.

Terdakwa Aslin Harahap selaku Ketua Komite Pembangunan Gedung Unit Sekolah Baru SLB Negeri Padang Lawas Utara Tahun 2012 menyebutkan apa yang dilakukannya dengan melakukan Petunjuk dan teknis (Juknis) dari Kementerian Pendidikan yaitu dengan tender.

Sementara, Jaksa Penuntut Umum dari Kejari Paluta memiliki bukti yang menunjukkan bahwa Juknis Kementerian pengerjaan proyek tersebut harus diswakelola.

Aslin yang juga menjabat Kasubag Dinas Pendidikan Paluta pada 2012 silam ini tampak menunjukkan bukti surat Juknis dari Kementerian Pendidikan kepada Majelis Hakim yang diketuai Sri Wahyuni.

Sedangkan pihak Kejaksaan juga memberikan bukti surat Juknis dari Kementerian Pendidikan yang menunjukkan bahwa proyek tersebut harus dilakukan pengerjaan secara swakelola.

Aslin menyebutkan bahwa karena proyek tersebut beranggaran sebesar Rp 1,7 miliar  maka harus dilakukan secara tender.

"Ya proyek ini kami tenderkan karena anggarannya mencapai Rp 1,7 sehingga pada saat itu sebagai Ketua Komite harus melakukan secara tender," jelasnya.

Melihat hal tersebut, tampak Majelis Hakim yang menyidangkan terlihat bingung dan tampak berdiskusi karena dua surat Juknis tersebut.

"Nanti kita akan diskusikan mana yang tepat, nanti bagaimana kesepakatan Majelis Hakim melihatnya karena keduanya punya bukti," tutur Hakim Sri.

Dalam keterangannya Aslin menyebutkan bahwa pengerjaan pembangunan SLB telah disetujui oleh Kadis Pendidikan.

Halaman
1234
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved