TERNYATA Calon Menteri yang Dipanggil Jokowi Pernah Diperiksa KPK, Siapa Aja Oranganya?

Sejumlah tokoh berdatangan ke Istana sejak Senin kemarin. Sebagian tokoh yang hadir mengaku ditawari menjadi menteri oleh Jokowi.

TERNYATA Calon Menteri yang Dipanggil Jokowi Pernah Diperiksa KPK, Siapa Aja Oranganya?
TRIBUN/DANY PERMANA
Rumah dan Kantor Wali Kota Dumai Zulkifli AS Digeledah KPK terkait Kasus Dugaan Korupsi. (TRIBUN/DANY PERMANA) 

TERNYATA Calon Menteri yang Dipanggil Jokowi Pernah Diperiksa KPK, Siapa Aja Oranganya?

TRIBUN-MEDAN.com - Komisi Pemberantasan Korupsi mencatat ada sejumlah nama kandidat menteri yang dipanggil ke Istana Kepresidenan pada Selasa (22/10/2019) hari ini pernah diperiksa lembaga antirasuah itu.

"Beberapa orang memang pernah diperiksa KPK sebagai saksi dalam sejumlah perkara terpisah. Saya kira itu juga sudah terbuka ya informasinya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan.

Febri tidak mengungkap nama-nama yang dimaksud. Namun, ia membeberkan beberapa kasus yang melibatkan sejumlah nama calon menteri.

Kasus-kasus itu adalah kasus suap terhadap Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, kasus gratifikasi terhadap Sekjen Kementerian ESDM, kasus suap dan gratifikasi Bupati Nganjuk, serta kasus korupsi haji yang melibatkan eks Menteri Agama Suryadharma Ali.

"Bahkan ada yang pernah masuk dalam komunikasi tersangka yang diperdengarkan di persidangan. Namun mereka memang baru diperiksa sebagai saksi sejauh ini," ujar Febri.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo keluar dari dalam kompleks Istana Kepresidenan. (Tribunnews.com/IRWAN RISMAWAN)
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo keluar dari dalam kompleks Istana Kepresidenan. (Tribunnews.com/IRWAN RISMAWAN) (Tribunnews.com/IRWAN RISMAWAN)

Febri sendiri enggan mengomentari proses pemilihan menteri yang sedang berlangung.

"Namun memang ada beberapa nama yang kita tahu terkait dengan beberapa kasus korupsi yang pernah ditangani KPK," kata Febri.

Diberitakan, sejumlah tokoh berdatangan ke Istana sejak Senin kemarin. Sebagian tokoh yang hadir mengaku ditawari menjadi menteri oleh Jokowi.

Tokoh yang dipanggil Senin kemarin yakni mantan Ketua MK Mahfud MD, bos Gojek Nadiem Makarim, pengusaha Erick Thohir, bos Net TV Wishnutama dan Komisaris Utama PT Adhi Karya Fadjroel Rachman.

Hadir pula Menteri Perindustrian sekaligus Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo, dan Waketum Partai Gerindra Edhy Prabowo.

Selasa ini, hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani, mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Wakil Bendahara Umum PDI-P Juliari Batubara, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Baca: PD Pasar Dairi Kini Sudah Bisa Gaji Karyawan, Tunggakan Pedagang Masih Rp3 M

Baca: Dua Prodi di Jurusan Basastrasia FBS Unimed Raih Akreditasi A BAN-PT

Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya hari ini usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan keduanya bersama Wapres Maruf Amin periode tahun 2019-2024.
Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya hari ini usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan keduanya bersama Wapres Maruf Amin periode tahun 2019-2024. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Kemudian, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua HIPMI Bahlil Lahadahlia, dan politikus Partai Golkar Zainudin Amali, serta dua poitikus PKB Ida Fauziyah dan Abdul Halim Iskandar.

Selanjutnya, hadir pula Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro.(*)

Baca: Sedih Rumahnya Terbakar, Delfi Tersenyum Jumpai Album Foto Anaknya yang Sudah Tiada

Baca: Isi Daya Ponsel Semalaman, Ponsel Wanita ini Meledak dan Hampir Bakar Seisi Kamar

Baca: Saat SD Jual Kue, SMP Kondektur, SMEA Sopir Angkot, Kini Bahlil Lahadalia Jadi Menteri

Baca: Cerita di Balik Sri Mulyani Gamblang Beberkan Posisinya Sebagai Menteri Keuangan

Menteri Sekretaris Negara pada kabinet kerja 2019-2024 Pratikno turut hadir ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/10/2019). Ia datang bersama Komisaris Utama Adhi Karya Fadjroel Rahman, dan mantan Staf Khusus Presiden Nico Harjanto.
Menteri Sekretaris Negara pada kabinet kerja 2019-2024 Pratikno turut hadir ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/10/2019). Ia datang bersama Komisaris Utama Adhi Karya Fadjroel Rahman, dan mantan Staf Khusus Presiden Nico Harjanto. (KOMPAS.com/Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPK Sebut Beberapa Nama yang Dipanggil ke Istana Pernah Diperiksa"

Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved