Pekan Pelayanan Publik, Ombudsman Harap Warga Sumut Mau Lapor Maladministrasi

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara menggelar Pekan Pelayanan Publik di Open Stage Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (23/10/2019).

Pekan Pelayanan Publik, Ombudsman Harap Warga Sumut Mau Lapor Maladministrasi
Tribun-Medan/Nanda Rizka Nasution
Pekan Pelayanan Publik yang diselenggarakan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumut berlangsung meriah di Open Stage Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (23/10/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara menggelar Pekan Pelayanan Publik di Open Stage Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (23/10/2019).

"Ini adalah program Ombudsman se-Indonesia. Jadi, kita mengadakan ini untuk mendekatkan masyarakat dengan penyelenggara pelayanan publik. Pelayanan itu kan harus mudah diakses oleh publik," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar.

Abyadi mengatakan, tujuan utama acara ini adalah bagaimana agar masyarakat mendorong penyelenggara pelayanan publik meningkatkan kualitas pelayanannya.

"Yang penting adalah interaksi masyarakat. Bagaimana mereka juga terlibat dalam pengawasan dalam penyelenggara pelayanan publik. Kedua adalah pemerintah sebagai penyelenggara agar terus meningkatkan kualitas layanan," ujarnya.

Lalu, masyarakat sebagai pengguna layanan harus terus meningkatkan proses pengawasan. Dengan pertemuan seperti ini, masyarakat tidak takut dalam melaporkan saat terjadinya maladministrasi layanan.

"Ini bisa menjadi bentuk. Dengan berinteraksi seperti ini, kita juga sampaikan dan sosialisasikan bahwa jangan takut untuk melapor. Momen ini kita harapkan bisa menjadi penyadaran masyarakat untuk tidak ragu dalam melaporkan penyelenggaraan pelayanan publik," tuturnya.

Sebanyak 13 instansi pemerintah, termasuk beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) dari Pemko Medan ikut serta memeriahkan kegiatan yang mengusung tema Pelayanan Publik Tanpa Maladministrasi tersebut.

Adapun OPD Pemko Medan yang mengikuti Pekan Pelayanan Publik ini yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Dinas Kesehatan serta Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

ratusan masyarakat telah memadati lokasi acara sejak pagi. Beberapa diantara mereka terlihat membawa map. Antrean erlihat di stan Polrestabes Kota Medan untuk mengurus SKCK dan SIMC. Warga lainnya juga memadati ruangan Dinsos dan Disdukcapil.

"Saya yakin tahun depan pasti ada. Ini adalah program tahunan. Apakah nanti akan digelar selama tiga hari, kita akan melihat anggarannya," tutup Abyadi.
(cr17/tribun-medan.com)

Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved