Ditipu Oknum Pegawai Pemprov Sumut, Ismiyanti Nekat Gadai Mobil Orang Lain Rp30 Juta

Meskipun mobil yang hendak digadaikan itu tidak memiliki surat-surat ataupun bukti kepemilikan resmi, Ismiyanti menyanggupi permintaan Jusak.

Ditipu Oknum Pegawai Pemprov Sumut, Ismiyanti Nekat Gadai Mobil Orang Lain Rp30 Juta
Tribun Medan/Victory Arrival Hutauruk
Terdakwa penadahan Ismiyanti di ruang sidang Pengadilan Negeri Medan, Kamis (24/10/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Karyawan perusahaan pialang, Ismiyanti, terpaksa harus duduk di kursi pesakitan, lantaran tersandung kasus penggadaian mobil senilai Rp195 juta.

Dalam sidang beragendakan dakwaan yang dibacakan jaksa penuntut umum (JPU) Paulina di Pengadilan Negeri Medan, Kamis (24/10/2019), disebutkan bahwa Ismiyanti diminta oleh seorang PNS Pemprov Sumut, Jusak Canser Tarigan (DPO) untuk menggadaikan mobil yang dibawanya ke rumah terdakwa, Juni lalu.

"Awalnya Jusak mendatangi rumah terdakwa di Jalan Pasar Bengkel, Serdangbedagai, dengan mengendarai satu unit mobil Daihatsu Xenia warna putih tahun 2017," kata jaksa.

Mobil ini ternyata bukanlah milik Jusak.

Meskipun mobil yang hendak digadaikan itu tidak memiliki surat-surat ataupun bukti kepemilikan resmi, Ismiyanti menyanggupi permintaan Jusak karena pria yang kini buron itu berjanji akan menjadi nasabahnya.

"Kebetulan terdakwa bekerja di sebuah perusahaan pialang. Sedangkan Jusak merupakan PNS Kantor Dinas Gubernur Sumut," ujar jaksa.

Tidak lama kemudian, terdakwa pun menghubungi UGI (DPO) dan berjanji bertemu di depan mall Manhattan Jalan Gatot Subroto, Medan. Lalu, sekira pukul 20.00, mereka pun bertemu.

"Terdakwa kemudian menggadaikan mobil Jusak kepada UGI tanpa surat-surat ataupun bukti kepemilikan resmi sebesar Rp30 juta. Akibatnya korban mengalami kerugian Rp195 juta," beber JPU Paulina.

Terakhir Jaksa menambahkan, perbuatan terdakwa diancam pidana sebagaimana yang diatur dalam pasal 480 ke-1 KUHPidana.

(vic/tribun-medan.com)

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved