Balap Babi Sambil Edukasi Kebersihan Lingkungan

Hari pertama festival fokus pada pelatihan pengolahan pakan babi dan manajemen kandang babi yang sehat

Balap Babi Sambil Edukasi Kebersihan Lingkungan
AP
FOTO ILUSTRASI: BALAP BABI

TRIBUN-MEDAN.COM, MUARA -Festival Babi yang digagas Togu Simorangkir resmi dimulai di Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (25/10/2019).

Togu mengatakan, hari pertama festival fokus pada pelatihan pengolahan pakan babi dan  manajemen kandang babi yang sehat.

"Intinya festival ini membuat kita bergembira dan tidak ada menyinggung yang lain-lain, dan hari ini fokus pada pelatihan pengolahan pakan babi dan manajemen kandang babi,"ujar Togu.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga Sabtu, 26 Oktober 2019 yang diisi berbagai kegiatan berkaitan dengan babi. Pada hari pertama, kegiatan festival mulai ramai dan disemarakkan peternak, anak-anak hingga pengunjung lainnya.

Satu di antara paling menghibur warga adalah lomba lari babi. Hewan mamalia itu saling adu kecepatan di lintasan yang dibatasi bambu.

Menurut Togu, Festival ini bukanlah sekadar hiburan belaka. Yang terpenting pesan dari festival ini kata Togu bisa sampai,  yakni bagiamana  beternak babi tanpa merusak lingkungan, apalagi peternak yang berada Di pinggiran Damau Toba supaya berhenti mengalirkan kotorannya ke Danau Toba. 

"Dan yang terpenting pesannya sampai, bagaimana lingkungan semamin terjaga dan kebersihan ternak lebih bagus sehingga terhindar dari penyakit, seperti baru-baru ini merebak virus babi,"tambahnya.

Pada kegiatan itu, terlihat juga pengelolaan babi sebagai menu makanan yang lezat di antaranya kebab babi, babi guling dan lainnya.

 
Peserta tak hanya datang dari dalam Sumatera Utara, namun ada juga dari Jakarta, Lombok, Bali dan Manado.

Ada pun kegiatan yang digelar antara lain,  lomba selfi dengan babi, meracik babi arsik, lomba memanggil babi, lomba kuliner babi panggang, lomba lari babi, lomba parjambaran, lomba kandang babi terbersih, lomba meracik kuliner tanggo-tanggo, lomba babi tersemok, lomba menebak berat babi, kuliner babi kecap, lomba menangkap babi dan lomba kuliner sate babi.

(jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved