KNKT Ungkap 9 Pemicu Utama Jatuhnya Lion Air JT 610, Reaksi Keluarga Korban, Lion Air dan Boeing

"Jadi 9 hal yang kita temui adalah 9 hal yang terjadi hari itu. Mungkin kalau salah satunya bisa ditangani, mungkin kecelakaan itu tidak terjadi.''

Biro Setpres
KNKT Ungkap 9 Pemicu Utama Jatuhnya Lion Air JT 610, Reaksi Keluarga Korban, Lion Air dan Boeing. Presiden Jokowi tinjau posko evakuasi korban Pesawat Lion Air JT 610 di Jakarta Utara. 

KNKT Ungkap 9 Pemicu Utama Jatuhnya Lion Air JT 610, Reaksi Keluarga Korban, Lion Air dan Boeing

KOMITE Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akhirnya mengungkap penyebab kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP LNI 610 (Boeing 737-8 Max) saat melayani rute Jakarta Pangkalpinang (JT 610) yang jatuh di Perairan Tanjung Karawang 29 Oktober 2018 lalu.

Kasubkom Penerbangan sekaligus investigator dalam kecelakaan Lion Air dengan nomor penerbangan PK-LQP Nurcahyo Utomo mengatakan, pihaknya telah menemukan 9 faktor utama yang menyebabkan pesawat jatuh.

Dia bilang, 9 faktor itu saling terkait sehingga apabila salah satunya bisa ditangani, mungkin kecelakaan setahun lalu tidak akan pernah terjadi.

"Jadi 9 hal yang kita temui adalah 9 hal yang terjadi hari itu.

Mungkin kalau salah satunya bisa ditangani, mungkin kecelakaan itu tidak pernah terjadi. Itu saling terkait," kata Nurcahyo Utomo dalam konferensi pers laporan akhir kecelakaan pesawat udara di Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Nurcahyo mengatakan, sejumlah pihak terkait seperto Boeing, Lion Air, DGCA, FAA, BAT, dan Collins Aerospace yang membuat sensor telah melakukan perbaikan.

Bila dirinci, Lion Air telah melakukan perbaikan sebanyak 35 tindakan perbaikan, Boeing sebanyak 8 tindakan perbaikan, DGCA sebanyak 10 tindakan perbaikan, FAA sebanyak 17 tindakan perbaikan, BAT sebanyak 2 tindakan perbaikan, Collins Aerospace sebanyak 4 tindakan perbaikan, dan AirNav Indonesia sebanyak 2 tindakan perbaikan.

"Selain itu, di luar perbaikan kami juga telah memberikan beberapa rekomendasi untuk semua pihak yang terkait.

Sebab KNKT melihat masih ada isu keselamatan yang harus diperbaiki," ucap dia.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved