Breaking News:

KPU Bahas Mekanisme Baru Pendaftaran Calon Independen pada Pilkada 2020

Kalau dalam draft yang baru KPU terlebih dahulu memeriksa seluruh syarat dan administrasinya, jika dinyatakan memenuhi syarat yang bersangkutan diteri

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar |
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY
Ketua KPU Kota Medan, Agussyah R Damanik 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ketua KPU Kota Medan, Agussyah R Damanik mengatakan KPU RI saat ini sedang merancang draft terkait pencalonan bagi kalangan independen pada pemilu kepala daerah (pilkada) serentak 2020 mendatang.

Dikatakan Agussyah, aturan tersebut yakni, pemeriksaan syarat dukungan maupun administrasi bagi kandidat independen sebelum yang bersangkutan dinyatakan layak atau tidak untuk mendaftar.

Agussyah mengatakan, pada pilkada sebelumnya bakal calon dari independen mendaftar ke KPU. Kemudian setelah itu KPU melakukan verifikasi faktual terhadap persyaratannya seperti jumlah dukungan, persentase sebaran dukungan dan lainnya.

"Kalau dalam draft yang baru KPU terlebih dahulu memeriksa seluruh syarat dan administrasinya, jika dinyatakan memenuhi syarat yang bersangkutan diterima untuk mendaftar," katanya, Jumat (25/10/2019).

Agussyah menegaskan, hingga saat ini kebijakan ini sifatnya masih draft yang bisa saja berubah. KPU Kota Medan, kata Agussyah akan menunggu pembahasan final mengenai hal tersebut yang dilakukan oleh KPU RI.

"Kita menunggu draft final yang nanti dituangkan dalam Peraturan KPU," ujarnya.

Secara umum menurut Agussyah draft yang baru ini akan memudahkan bagi para calon dalam mempersiapkan syarat pencalonan mereka.

"Artinya kalau syaratnya diverifikasi faktual diawal, dia tentu bisa lebih awal melakukan perbaikan-perbaikan," pungkasnya.

Inventarisasi Keluhan Parpol

Anggota KPU Kota Medan Nana Miranti mengatakan pihaknya telah mencatat beberapa masalah yang dikemukakan oleh partai politik mengenai proses pencalonan pada pemilu lalu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved