Tanggapi Iuran BPJS, Ketua DPRD Medan: Belum Naik Aja Banyak Nunggak, Apalagi Kalau Naik

Resmi Berlaku 2020, Alasan Iuran BPJS Kesehatan Naik 100 Persen, Kelas II Rp 51.000 Jadi Rp 110.000.

Tanggapi Iuran BPJS, Ketua DPRD Medan: Belum Naik Aja Banyak Nunggak, Apalagi Kalau Naik
Tribun Medan/Nanda Rizka Nasution
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan Hasyim. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Resmi Berlaku 2020, alasan Iuran BPJS Kesehatan Naik 100 Persen, Kelas II Rp 51.000 Jadi Rp 110.000.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata sudah resmi menaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebesar 100 persen pada Kamis (24/10/2019).

Kenaikan iuran itu berlaku bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan peserta bukan pekerja.

Adapun aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Hal ini mendapatkan tanggapan dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan Hasyim SE.

Ia mengatakan, kenaikan berlipat harusnya dilakukan secara bertahap mengikuti perkembangan ekonomi melihat kemampuan dari masyarakat Indonesia.

"Atau ada subsidi silang dan kenaikan tersebut hanya untuk kelas yang tinggi. Jadi ada subsidi ke kelas tiga. Ini harus diperhatikan dan dikaji ulang. Saya pikir bisa kalau ada keinginan dari BPJS," katanya, Rabu (30/10/2019).

Sebagai wakil rakyat dan bagian dari rakyat Kota Medan, dengan kondisi saat ini, lanjutnya, kenaikan akan menimbulkan bertambahnya masyarakat yang menunggak iuran.

"Pada saat kondisi iuran belum naik, banyak yang menunggak. Apalagi dengan kondisi dinaikkan. Saya pikir bisa berlipat. Ini sisi negatif dari kenaikan. Memang, tujuannya untuk menutupi defisit dari BPJS," ujarnya.

Tetapi kebijakan untuk menutupi defisit akan membuat rakyat, khususnya Kota Medan yang mengalami kesulitan ekonomi. Mereka akan terhambat untuk membayar iuran yang telah ditetapkan.

Halaman
12
Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved