120 Kepala Sekolah Ikut Pelatihan Penguatan Kompetensi, Renward Ingatkan Pentingnya Manajemen

sebagai pimpinan manajerial kepala sekolah memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat menentukan dalam keberlangsungan dan kualitas. .

120 Kepala Sekolah Ikut Pelatihan Penguatan Kompetensi, Renward Ingatkan Pentingnya Manajemen
TRIBUN MEDAN/HO
Asisten Umum (Asmum) Setda Kota Medan Renward Parapat (dua dari kiri) saat menghadiri Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah di Grand Kanaya Jl. Darussalam, Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com - Sebagai kota metropolitan baru, kota terbesar ke 3 di Indonesia, Kota Medan harus memiliki cita-cita menjadikan Medan sebagai kota pendidikan.

Guna mencapai hal tersebut tentu yang diperlukan salah satunya adalah memberikan pelatihan dalam rangka penguatan kepada para kepala sekolah selaku manajer yang menjadi tonggak berkualitasnya pendidikan di sebuah sekolah.

Hal ini diungkapkan Asisten Umum (Asmum) Setda Kota Medan Renward Parapat saat mewakili Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution dalam acara Pembukaan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah di Grand Kanaya Jl. Darussalam, Medan.

Acara ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi kepala sekolah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Dikatakan Asmum, manajemen merupakan salah satu bagian penting dari penyelenggaraan pendidikan, untuk itu sebagai pimpinan manajerial kepala sekolah memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat menentukan dalam keberlangsungan dan kualitas penyelenggaraan pendidikan itu sendiri.

"Karenanya, pelatihan ini saya anggap sangat penting dan saya berharap setelah mengikuti kegiatan ini semua materi dapat dipahami dan dapat diimplementasikan di sekolah masing-masing untuk memajukan pendidika dan metode pengajaran di sekolah masing-masing," ungkap Renward saat membacakan sambutan Plt. Wali Kota Medan dihadapan puluhan peserta yang merupakan kepala sekolah Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se Kota Medan.

Selain itu, dihadapan yang Hadir, Kepala BKDPSDM Muslim Harahap, Narasumber Sukarni dan Kabid SDM BKDPSDM Adrian Soleh, Renward menambahkan, pelaksanaan pelatihan ini diharapkan dapat meninggalkan bekas dan pengaruh yang positif bagi pembinaan karakter dan kepemimpinan kepala sekolah yang tercermin dari meningkatkannya pemahaman dan kemampuan dalam memimpin.

"Selain kemampuan dalam memimpin, seorang kepala sekolah juga harus mampu memanfaatkan sumber daya yang ada serta mengelola sekolah yang semakin berkualitas, bukan hanya sekedar untuk mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai kepala sekolah," tambahnya.

Untuk itu, sambung Renward, para kepala sekolah harus menguasai fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan kebutuhan sekolah serta anak didik pelaksanaan sampai dengan kontrol dan evaluasi di sekolah.

"Hal ini memang merupakan tugas yang cukup berat, namun sebagai kepala sekolah harus mampu melaksanakan tanggungjawab yang kompleks guna mendukung komitmen Pemko Medan untuk memajukan pendidikan di kota ini. Komitmen ini ditandai dengan menganggarkan 20% dari APBD Kota Medan untuk penyelenggara- an pendidikan, " sambung Renward.

Sebelum mengakhiri sambutan, Renward berharap anggaran ini dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan penyelenggaraan pendidikan di sekolah-sekolah dengan tentunya Dinas Pendidikan Kota Medan harus juga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap sekolah-sekolah yang ada secara menyeluruh dan berkesinambungan mulai dari sarana dan pra sarana sampai aktifitas manajemen.

"Saya ingin ada peningkatan yang signifikan dalam penyelenggaraan pendidikan di Kota Medan. Selain Dinas Pendidikan Kota Medan tentunya dukungan dari OPD-OPD terkait lainnya untuk memajukan pendidikan, mari kita hilangkan ego sektoral, tujuan kita adalah satu menciptakan generasi muda yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri," pungkasnya.

Sekaitan dengan itu, sebelumnya, Kabid SDM BKDPSDM Adrian Soleh dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya Pelatihan ini adalah untuk memperkuat kompetensi Kepala Sekolah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Dalam pelatihan yang diikuti 120 Kepala Sekolah yang dibagi empat kelas ini akan diberikan materi oleh fasilitator dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Sumatera Utara dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sergei.

"Materi yang diberikan pada pelatihan ini diantaranya adalah orientasi program, Kebijakan Daerah, Literasi Digital, Teknis Analisis Manajemen, Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah) dan Pelaporan, Pengelolaan Keuangan, Kurikulum dan Pengembangan Sekolah Berdasarkan Delapan Standar Nasional Pendidikan", jelas Kabid BKDPSDM.

(*/tribun-medan.com)

Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved