Breaking News:

Arjuna Sinambela Meninggal, Kadisdukcapil Sumut Tegur Disdukcapil Deliserdang

Menurut Ismael, perlu ada prioritas terhadap warga yang memang sangat membutuhkan ataupun punya kebutuhan khusus.

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/SATIA
Kepala Dukcapil Provinsi Sumatera Utara Ismael Sinaga 

TRIBUN-MEDAN.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sumut Ismael Sinaga meminta agar Disdukcapil Deliserdang bisa memperbaiki dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Menurutnya, perlu ada prioritas terhadap warga yang memang sangat membutuhkan ataupun punya kebutuhan khusus.

"Saya datang ke sini karena mau mencari informasi karena ada berita di Tribun Medan adanya kendala dalam pelayanan Capil. Kita harus objektif melihat ini dan lakukan investigasi serta lakukan pembinaan. Harus perlu ditingkatkan lagi khususnya untuk yang memiliki keperluan khusus," ujar Ismael Sinaga kepada wartawan ketika sedang berada di kantor Disdukcapil Deliserdang Sabtu, (3/11/2019).

Ia menjelaskan dalam pertemuannya dengan pejabat Disdukcapil Deliserdang terungkap Arjuna Sinambela sebenarnya sudah milakukan perekaman pada tanggal 29 Oktober lalu. Setelah itu secara teknis datanya sudah masuk karena bisa dicetak draf KK-nya di Kecamatan Sunggal.

"Nah pertanyaannya setelah dia punya draf KK apakah sudah bisa tindaklanjut untuk berobat? Kalau itu ada tapi ternyata belum cukup saya rasa yang seperti ini pelayanan harus diperbaiki. Setahu saya untuk di Puskesmas dan Rumah sakit mereka yang menderita TB harus sudah bisa difasilitasi. Lakukan lah pelayanan medis selayaknya. Karena mereka yang seperti itu harus didata," kata Ismael.

Dirinya memaklumi dengan luasnya wilayah Deliserdang untuk pencetakan KK diserahkan ke Kecamatan. Namun demikian bukan berarti katanya pencetakan KK tidak bisa dilakukan di kantor Capil.

Ia mengaku kenal dengan Uba Pasaribu yang mendampingi Arjuna Sinambela ke kantor Capil Deliserdang. Disebut kalau Uba Pasaribu memang dari dulu punya perhatian terhadap orang yang memang punya keterbatasan baik di Medan maupun di Deliserdang.

"Saya ke sini (kantor Dukcapil Deliserdang) untuk memperbaiki pelayanan dan melakukan pembinaan. Tolong diberikan perhatian khusus terhadap orang yang kekurangan. Kita harus proaktif. Kalau dibilang ada kendala jaringan, nah jaringan ini tertutup di Jakarta. Biasanya sejauh ini cukup bagus saya tahu. Tapi kalau ada masalah harus ditanyakan ke sana (pusat) jangan sampai seharian terkendala. Harus proaktif lah pemerintah daerah," katanya. (dra/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved