Ingin Atasi Masalah Lingkungan, Plt Wali Kota Medan Berharap IPLBI Lahirkan Ide Revolusioner

Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengadakan jamuan makan malam bersama para peserta Temu Ilmiah IPLBI VIII Tahun 2019 di

Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution berfoto bersama para peserta Seminar Temu Ilmiah IPLBI VIII Tahun 2019 di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Jumat (1/11/2019).
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution berfoto bersama para peserta Seminar Temu Ilmiah IPLBI VIII Tahun 2019 di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Jumat (1/11/2019). (DOK. Humas Pemerintah Kota Medan)

TRIBUN-MEDAN.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution berharap para akademisi, praktisi, dan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) bisa menciptakan ide-ide revolusioner untuk mengatasi masalah lingkungan yang kini sudah menjadi isu global.

Hal itu disampaikan Akhyar di sela-sela acara jamuan makan malam bersama para peserta Seminar Temu Ilmiah IPLBI VIII Tahun 2019 di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Jumat (1/11/2019).

Turut hadir di acara tersebut di antaranya Ketua Panitia Temu Ilmiah IPLBI VIII Dwi Lindarto, Ketua IPBLI Cynthia Wuisang, Ketua Departemen Arsitektur Universitas Sumatera Utara (USU) Dwira Aulia, dan Ketua Prodi Magister Teknik Arsitektur dan Perkotaan USU Nurlisa Ginting.

Kegiatan ini merupakan wujud kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dengan Fakultas Teknik USU, IPLBI, serta para birokrat, ilmuwan, peneliti, dan akademisi Indonesia dari berbagai bidang.

Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama sejumlah undangan di acara jamuan makan malam bersama para peserta Seminar Temu Ilmiah IPLBI VIII Tahun 2019 di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Jumat (1/11/2019).
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama sejumlah undangan di acara jamuan makan malam bersama para peserta Seminar Temu Ilmiah IPLBI VIII Tahun 2019 di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Jumat (1/11/2019). (DOK. Humas Pemerintah Kota Medan)

Akhyar menyampaikan, saat ini penelitian lintas disiplin semakin sering dilakukan dalam memecahkan berbagai masalah. Kerja sama lintas disiplin ini menunjukkan bahwa bidang eksakta dan non-eksakta memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Dirinya pun menambahkan bahwa pembangunan berbasis hasil penelitian akan membuahkan hasil lebih baik menuju Indonesia yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

“Justru dengan kolaborasi lah akan didapatkan hasil yang maksimal untuk membangun Indonesia,” kata Akhyar.

Jamuan ini dilaksanakan pasca Seminar Temu Ilmiah IPLBI VIII Tahun 2019 yang membahas beragam permasalahan lingkungan hidup, terutama di Indonesia. Diselenggarakan setiap setahun sekali, seminar nasional ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian bumi.

Mewakili Pemkot Medan, Akhyar mengapresiasi penyelenggaraan seminar tersebut, mengingat isu lingkungan kini sudah menjadi masalah berskala global yang perlu segera diatasi.

Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution di sela-sela acara jamuan makan malam bersama para peserta Seminar Temu Ilmiah IPLBI VIII Tahun 2019 di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Jumat (1/11/2019).
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution di sela-sela acara jamuan makan malam bersama para peserta Seminar Temu Ilmiah IPLBI VIII Tahun 2019 di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Jumat (1/11/2019). (DOK. Humas Pemerintah Kota Medan)

“Saya berharap, akan muncul ide-ide revolusioner yang bisa kita aplikasikan untuk mengatasi masalah lingkungan di negara ini, sehingga kita akan dengan bangga menyebut 'Ini Indonesia, Rumah Kita Semua',” ujarnya.

Sementara itu, Cynthia Wuisang selaku perwakilan IPLBI menyampaikan bahwa seluruh peserta merasa sangat terhormat atas jamuan makan malam yang digelar oleh Plt Wali Kota Medan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Plt Wali Kota Medan atas jamuan makan malam ini. Selain itu, hasil dari pertemuan yang berlangsung tadi akan kami sampaikan kepada Pemko Medan sebagai bahan referensi untuk mempertahankan identitas kota,” kata Cynthia.

Rangkaian acara ini dilanjutkan dengan penukaran cenderamata antara Akhyar Nasution dan Cynthia Wuisang yang kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama. (Penulis: Aditya M. / Editor: Alia D.)

Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved