Siswa SMA YPSA Ikuti Forum Pelajar Indonesia tahun 2019 di Jakarta

Siswa SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyah (YPSA) ke Forum Pelajar Indonesia tahun 2019 yang diikuti ratusan peserta dari seluruh Indonesia

Siswa SMA YPSA Ikuti Forum Pelajar Indonesia tahun 2019 di Jakarta
IST
Pelepasa siswa SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyah (YPSA) ke Forum Pelajar Indonesia tahun 2019 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Siswa SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyah (YPSA) ke Forum Pelajar Indonesia tahun 2019 yang diikuti ratusan peserta dari seluruh Indonesia berlangsung di Jakarta tanggal 06 sampai dengan 10 November 2019 di Jakarta.

"Tio Dwi Ardhana, siswa kelas 12 SMA YPSA akan mengikuti Program yang diselenggarakan oleh Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, private sector, berbagai organisasi masyarakat sipil, dan media", ungkap Bagoes Maulana, selaku Kepala SMA YPSA saat pelepasan pada hari Selasa (5/11/2019).

Sejak Kecil hingga Saat Ini, Rowoon Pemeran Drama Extraordinary You Tetap Menggemaskan

Kepala SMA YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., kembali mengutarakan bahwa panitia nasional menyeleksi dengan kualifikasi yang telah ditetapkan adalah mempunyai kemampuan dasar bahasa Inggris yang baik, membuat esai sesuai tema yang telah ditentukan, lolos seleksi administrasi secara online, dan membuat Video deskripsi diri dan motivasi mengikuti Forum Pelajar Indonesia ke—11 dan video kreatif tentang inti dari essay yang sudah dibuat sesuai dengan tema essay yang dipilih masing-masing durasi 1 menit diupload lewat Instagram.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif bagi siswa-siswi kita untuk mengembangkan kreativitas, pola pikir kritis, serta wawasan kebangsaan mereka. SMA YPSA sebagai salah satu sekolah internasional di Indonesia, selalu berusaha mengikutsertakan siswa-siswinya dalam kegiatan berskala lokal, nasional dan internasional. Hal ini bertujuan juga untuk mengasah interpersonal skill mereka agar dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan masyarakat nantinya,” ujarnya.

Ini 20 Kota Teraman di Dunia untuk Dikunjungi, Jepang Termasuk Salah Satunya.

Bagoes menambahkan bahwa Forum Pelajar Indonesia adalah forum tahunan yang melibatkan 250 pelajar tingkat SMA-SMK-MA dari seluruh Indonesia yang mempunyai kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam upaya menumbuhkan karakter kepemimpinan dan integritas pelajar Indonesia.

Forum ini membuka kesempatan bagi pelajar untuk bertemu dengan para pemegang kebijakan dari berbagai pihak untuk menyampaikan usulan kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia. Outcome-nya adalah pelajar memahami hak dan kewajiban sebagai pelajar sehingga menjadi agen perubahan dan duta promosi berbagai kebijakan dalam berbagai bentuk kegiatan positif di daerah masing-masing.

Berbagai aktivitas akan dilaksanakan anatara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Workshop, Ministerial Speak, Cultural Performance, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inaugurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Kunjungan Lembaga Negara, Corporate Visit, Focus Group Discussion, Working Group, Field Trip, dan lain-lain.

Kepada siswa yang berhasil berangkat, Ketua Harian YPSA Addaratul Hasanah, S.Pd., M.Si., berpesan agar menjadikan Forum Pelajar Indonesia tingkat nasional tahun 2019 ini sebagai latihan kemandirian.

“Mulai dengan niat keikhlasan karena Allah SWT dan diharapkan bisa manfaatkan forum ini menjadi pelatihan sebagai pemimpin, karena pesertanya dari seluruh Indonesia,” katanya dalam arahan saat pemberangkatan.

“Kita harap pelajar YPSA bisa menjadi teladan dalam kegiatan tersebut. Tidak mustahil dalam kurun waktu 20 tahun mendatang muncul pemimpin bangsa dari forum, termasuk dari YPSA,” tambahnya.(*)

Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved