3 Hari ke Depan Sumut Masih Berpotensi Hujan Sore Hingga Malam

"Hujan akan terjadi dari sore hingga malam hari," kata prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan, Martha Manurung.

3 Hari ke Depan Sumut Masih Berpotensi Hujan Sore Hingga Malam
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Awan mendung menyelimuti langit Kota Medan, Jumat (13/9/2019). Menurut prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kota Medan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir. 

TRIBUN-MEDAN.com - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan memperkirakan bahwa selama dua hingga tiga hari ke depan Wilayah Sumatera Utara masih berpotensi hujan sedang hingga lebat.

"Untuk dua hingga tiga hari ke depan Wilayah Sumut, begitu juga dengan Kota Medan akan terjadi hujan sedang hingga lebat," kata prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan, Martha Manurung, Jumat (8/11/2019).

"Dimana, hujan tersebut akan terjadi dari sore hingga malam hari," tambahnya.

Martha menjelaskan bahwa terjadinya hujan hingga lebat dikarenakan Wilayah Sumatera Utara berada di wilayah belokan angin dan kumpulan angin sehingga pertumbuhan awan hujan cukup tinggi.

"Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar waspada dengan cuaca ini," jelasnya.

BBMKG juga mengimbau kepada masyarakat yang ada di daerah pegunungan agar selalu mewaspadai longsor karena curah hujan masih tinggi.

"Sementara, untuk masyarakat di kota agar mewaspadai banjir. Terutama untuk masyarakat yang berada di bantaran sungai," imbaunya.

Sementara dari update peringatan dini cuaca Sumatera Utara pukul 13.30 WIB, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Diperkirakan bakal terjadi di Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Karo, Dairi, Simalungun, Pematang Siantar, Tobasa, Humbahas, Taput, Samosir, Asahan, Labura, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan.

Kondisi ini dapat meluas ke Batu Bara, Pakpak Bharat, Madina, Medan, Binjai, dan sekitarnya. Dimana, kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB. (mak/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved