Tambah 1 Emas, Sumut Runner Up Klasemen Cabor Atletik Porwil Sumatera 2019

Dengan hasil ini, Kontingen cabor atletik Sumut menduduki peringkat kedua klasemen perolehan medali dengan raihan 9 emas, 4 perak, dan 8 perunggu.

Tambah 1 Emas, Sumut Runner Up Klasemen Cabor Atletik Porwil Sumatera 2019
HO
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama peraih emas atletik nomor maraton jalan raya 42 km Firton Lumbantoruan usai meraih juara, Jumat (8/11/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Kontingen Sumatera Utara menambah lagi satu medali emas dari atlet andalannya Firton Lumbantoruan di nomor marathon putra 42,195 Km di hari terakhir pertandingan Cabor atletik Porwil se-Sumatera di Bengkulu, Jumat (8/11/2019).

Dengan hasil ini, Kontingen cabor atletik Sumut menduduki peringkat kedua klasemen perolehan medali dengan raihan 9 emas, 4 perak, dan 8 perunggu. Sumut berhasil menggeser Sumatera Barat yang sebelumnya menempati posisi kedua. Sedangkan peringkat satu tetap ditempati Babel yang unggul perolehan medali perunggu.

Pelatih Atletik Sumut Lilik Herianto mengatakan torehan yang diraih atlet Sumut sudah sesuai target. Bahkan sejumlah atlet yang sebelumnya tidak diprediksi justru mampu menyumbang emas.

"Ada juga kejutan kami. Yang tidak diprediksi justru dapat emas. Ada tiga orang itu yang kami perkirakan perak tapi dapat emas yaitu Syafaat Tarigan, Kahairuddin Syahputra, dan Astuti dari lempar lembing putri," ungkapnya.

Lebih lanjut kata Lilik, secara hasil pelatih tetap belum merasa puas. Karena itu, nantinya para atlet yang lolos akan kembali membuktikan kemampuan untuk meraih hasil lebih baik di PON Papua tahun depan.

"Kalau dibilang puas kami belum. Kami akan berlatih lebih keras lagi dan nanti di PON dibuktikan," ucap mantan pelatih PPLP Sumut ini.

Sebelumnya Sumut juga dapat tambahan 1 emas , dua perak dan 1 perunggu di hari kelima, yang berlangsung di Stadion Semarak Sawah Lebar Bengkulu, Kamis (7/11/2019). Atlet andalan Sumut , Agustina Mardika Manik menyumbang emas dari nomor lari 800 meter. Pelari putri yang juga atlet pelatnas ini unggul atas lawan-lawannya setelah finis dengan catatan waktu 2 menit 15,14 detik. Torehan atlet Asahan itu juga melampui limit PON yakni 2 menit 18 detik. Agustina pun berhak meraih tiket betakga di PON Papua tahun depan.

Sementara itu, Medali perak masing-masing disumbangkan Syafwan Hafizh dari nomor lompat tinggi putra. Hafizh berhasil mencatatkan lompatan setinggi 2 meter dan di atas limit PON yakni 1,95 meter. Pada lomba ini, peraih medali emas, perak dan perunggu sama – sama memiliki lompatan terbaik 2m.

Namun karena atlet Riau M Hariadi Hidayat mencapai lompatan tersebut di kesempatan pertama, maka ia berhak mendapat medali emas. Sementara Syafwan, baru melakukan lompatan 2m di kesempatan ketiga, sehingga harus puas dengan medali perak.

Kemudian perak juga diraih M Syahrial Bakti dari nomor tolak peluru putra dengan jarak lemparan 13.99 meter dan melampaui limit PON 13.80 meter.

Sedangkan medali perunggu disumbangkan pelari putri Sumut lainnya di nomor 800 meter yakni Nuraninun Br Perangin-angin dengan waktu finis 2 menit 20,18 detik. Namun sayang Nuraninun belum mampu mencapai limit PON.

Selain itu, medali emas datang dari Sri Astuti dari nomor lempar lembing putri, dengan lemparan sejauh 44,60 meter. Emas kedua disumbangkan M Kahairuddin Syahputra setelah ia memenangi lari 400 meter gawang putra dengan catatan waktu 53,61 detik dan meraih tiket PON Papua 2020. Prety Sihite juga menjadi penyumbang medali emas setelah ia memenangi nomor spesialisnya 5000 meter putri dengan catatan waktu 18 menit 34,5 detik.

Kemudian dari lempar cakram putra dari Hardodi Sihombing yang melakukan lemparan 46.16 m.

Cabang atletik telah menyelesaikan lomba di hari Jumat (8/11/2019), dengan mempertandingkan nomor marathon putra dan putri. Di nomor ini Sumut hanya turun dinomor putra, mengandalkan Firton Lumbantoruan yang sebelumnya di nomor lari 10.000m menyumbangkan medali perunggu.

(cr11/tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved