Hasil Tes Urine 10 Personel Polda Terindikasi Narkoba, Pengamat Dorong Agar Diusut Tuntas

Seharusnya oknum penegak hukum harus lebih berat sanksinya. Ia pun kurang setuju jika hanya diberikan hukuman sanksi disiplin.

Hasil Tes Urine 10 Personel Polda Terindikasi Narkoba, Pengamat Dorong Agar Diusut Tuntas
TRIBUN MEDAN/HO
Personel Polda Sumut lakukan tes urine, Senin (11/11/2019). Dari 206 personel yang tes urine 10 orang terindikasi narkoba. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengamat Hukum dan Kriminolog UMSU Redianto Sidi mengatakan 10 orang personel Polda Sumut terindikasi narkoba merupakan hal aneh.

Menurutnya, adanya oknum yang tertangkap tangan saat operasi yang dibentuk oleh instansi sendiri merupakan hal yang memalukan.

Untuk itu, oknum tersebut harusnya tidak hanya terkena sanksi disiplin.

"Tidak hanya harus dilakukan hukuman disiplin. Ini sangat berbanding terbalik dengan masyarakat yang ketika tertangkap mengkonsumsi, mereka harus mengalami proses peradilan tanpa harus diasesmen," katanya, Senin (11/11/2019).

Redianto menyebutkan, seharusnya oknum penegak hukum harus lebih berat sanksinya. Ia pun kurang setuju jika hanya diberikan hukuman sanksi disiplin.

"Seharusnya ada pemberatan di situ. Kenapa? Orang yang akan melayani masyarakat itu sudah tercemar.
Bagaimana dia akan melakukan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Ia melanjutkan, secara hukum, personel kepolisian juga tunduk kepada hukum pidana. Tentu harus melewati proses-proses hukum seperti masyarakat biasa.

"Harusnya orang yang menjadi penegak hukum itu orang yang bebannya dua kali lipat," ujarnya.

Disinggung mengenai adanya permainan antara oknum kepolisian dengan bandar narkoba, Redianto mengatakan hal ini harus diusut.

"Saya yakin ini bisa diungkap. Kapolda harus membentuk tim investigasi kenapa oknum personel kita bisa sampai menjadi pengguna. Tentu ada komunikasi, ada lingkarannya yang dia dekati. Ini harus ditelusuri sehingga akan ditemukan akar persoalannya dan diberikan sangsi yang berat," katanya.

Halaman
123
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved