Kenaikan Tarif Tol Belmera Jangan Membebani Masyarakat, BPJT Ingin Menyesuaikan Laju Inflasi

PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam waktu dekat berencana menaikkan tarif tol Belawan, Medan dan Tanjungmorawa (Belmera).

Kenaikan Tarif Tol Belmera Jangan Membebani Masyarakat, BPJT Ingin Menyesuaikan Laju Inflasi
Tribun-Medan.com/Domu D Ambarita
Ilustrasi 

MEDAN, TRIBUN-PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam waktu dekat berencana menaikkan tarif tol Belawan, Medan dan Tanjungmorawa (Belmera).

Diprediksi, kenaikan ini berkisar enam sampai tujuh persen. Masyarakat berharap, rencana kenaikan tarif ini jangan sampai membebani, sebagaimana kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

"Kalau tinggi kali naiknya, masyarakat pun malas nanti melintas di jalur tol itu. Tapi kalau naiknya masih normal, ya wajar saja," kata Eka (37), seorang pengguna jalan tol, Minggu (10/11).

Ia mengatakan, di Kota Medan ini terdapat sejumlah jalan tol yang baru selesai dibangun. Beberapa di antaranya jalan tol Medan-Binjai, Kualanamu-Tebingtinggi. Menurut Eka, sejumlah jalan tol ini tarifnya pun lumayan menguras kantong.

"Kalaupun tarifnya mahal, setidaknya disesuaikan lah dengan fasilitasnya. Misalnya dibangun masjid atau tempat istirahat yang memadai," ungkap Eka.

Selama ini, sambung Eka, di beberapa jalan tol fasilitasnya sangat minim. Kalaupun ada, pasti tidak benar-benar dijaga dan dirawat.

"Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa titik jalan tol yang sangat minim penerangan. Kalau bisa, lokasi-lokasi yang seperti ini harus dibuat penerangannya. Bila perlu dipasang kamera CCTV," ungkap Eka.

Kapal Penyeberangan Ajibata-Ambarita Bertambah, Beroperasi Libur Natal-tahun Baru 2020

Ia mengatakan, akhir-akhir ini sering terjadi kasus kejahatan di jalan tol. Walaupun rata-rata korbannya adalah sopir truk, sebagaimana yang pernah diungkap Polda Sumut belum lama ini.

Dengan adanya fasilitas lampu jalan yang memadai, dan adanya CCTV, kemungkinan terjadinya kejahatan di jalan tol yang lokasinya sepi bisa diminimalisir.

"Masjid dan rest area juga perlu dibangun sebaik mungkin. Ini menurut saya sangat penting bagi masyarakat yang kerap melintas di jalan tol," kata Eka.

Halaman
123
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved