Jadikan Kota Medan Bersih dan Asri, Kecamatan Medan Amplas Gelar Sosialisasi Perda No.6 Tahun 2015

Sosialisasi ini digelar atas inisiasi dan kerja sama jajaran Kecamatan Medan Amplas dengan Pimpinan Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia

Jadikan Kota Medan Bersih dan Asri, Kecamatan Medan Amplas Gelar Sosialisasi Perda No.6 Tahun 2015
Dok. Humas Pemerintah Kota Medan
Kecamatan Medan Amplas menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6, Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Aula Kantor Camat Medan Ammplas, Jalan Garu III, Kamis (14/11/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com - Kecamatan Medan Amplas menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Aula Kantor Camat Medan Ammplas, Jalan Garu III, Kamis (14/11/2019).

Sosialisasi ini digelar atas inisiasi dan kerja sama jajaran Kecamatan Medan Amplas dengan Pimpinan Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kota Medan sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi menjadikan Kota Medan bersih dan asri.

Mewakili Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Camat Medan Amplas Edi Mulia Matondang yang membuka kegiatan sosialisasi berharap sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman dan menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat.

Ini agar masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Diungkapkan Edi, butuh peran serta dan konsistensi serta komitmen dari semua pihak untuk bersama-sama menjadikan dan mewujudkan setiap sudut Kota Medan bersih dan asri.

Salah satunya dengan mengetahui dan memahami aturan yang diberlakukan. Dengan demikian, kata Edi, masyarakat akan berpikir ulang untuk membuang sampah sembarangan karena takut terkena ancaman denda dan pidana yang dapat menjeratnya.

"Kegiatan ini bukan hanya sekedar penyampaian dan pemaparan isi dari Perda Nomor 6/2015, melainkan untuk memberikan pemahaman dan menyadarkan kita semua bahwa kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama," kata Edi.

"Sebab, seluruh komponen masyarakat wajib untuk menjaga kebersihan tempat tingal masing-masing salah satunya dengan senantiasa mewadahi sampah dan tidak membuangnya sembarangan terlebih ke dalam parit atau sungai,’’ tambah Edi.

Terlebih, lanjut Edi, saat ini Pemkot Medan tengah gencar mengampanyekan dan menggalakkan pengurangan plastik dalam aktifitas sehari-hari sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik di Kota Medan.

Untuk itulah, Edi berharap sosialisasi Perda ini semakin memberi kesadaran masyarakat agar dapat memahami regulasi, aturan dan peraturan yang ditetapkan sekaligus dapat merubah perilaku agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Program Pemkot Medan yang telah dicanangkan hendaknya kita dukung bersama. Hendaknya Perda ini juga memberi pengetahuan bagi kita tentang pengolahan sampah sehingga bisa dikelola menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat," ujar Edi.

"Selain itu mencegah terjadinya banjir dan sumber penyakit. Untuk itu, mari bersama kita jaga kebersihan Kota Medan khususnya di wilayah Kecamatan Medan Amplas,’’ ajaknya.

Selain unsur Kecamatan Medan Amplas, kegiatan sosialisasi juga diikuti sejumlah unsur lainnya seperti perwakilan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan, unsur kepolisian dan TNI dari Polsek dan Koramil wilayah Medan Amplas serta perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Medan Amplas.

Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved