TRIBUNWIKI

Sumatera Utara Jadi Habitat Terbesar Satwa Langka Bangau Tontong

Provinsi Sumatera Utara memang banyak memiliki berbagai habitat satwa. Baik itu habitat satwa yang langka maupun tidak langkah.

TRIBUN MEDAN/AQMARUL AKHYAR
Bangau Tongtong yang terletak di Kawasan Hutan Mangrove Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang Provinsi Sumatera Utara, Minggu (17/1/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Provinsi Sumatera Utara memang banyak memiliki berbagai habitat satwa. Baik itu habitat satwa yang langkah maupun tidak langkah.

Salah satunya, Sumatera Utara merupakan tempat habitat Bangau Tongtong dan merupakan salah-satu terbesar di Suamtera untuk saat ini.

Untuk habitat Bangau Tongtong atau dengan nama latin disebut Leptoptilos javanicus, adalah spesies burung dari familia bangau atau Ciconiidae, dan spesies ini tersebar di selatan Asia mulai dari India timur sampai Pulau Jawa. Begitu juga dengan kawasan peisisir pantai Sumater Utara.

Kemudian, ciri-ciri Bangau Tongtong merupakan burung yang besar dan berpanampilan morfologis yaitu seperti orang tua yang jangkung saat sedang berdiri.

Selain itu memiliki kepala dan leher yang tidak ditutupi dengan bulu, atau sering dilihat orang kepala botak.

Untuk Bangau Tongtong yang dewasa bericiri khas pada sayapnya mempunyai warna hitam abu-abu dan memiliki warna putih yang ada pada sekujur badannya. Untuk Bangau Tongtong yang berjenis kelamin jantan pada musim kawin akan mempunyai leher dan kepala tampak berwarna pink

Selanjutnya untuk tinggi burung Bangau Tongtong sekitar 110–120 cm, berat 5 kg dan rentang sayap 210 cm. Spesies ini adalah yang terkecil dalam genus Leptoptilos.

Kemudian, Bangau Tongtong ini seperti jenis-jenis bangau lainnya, memangsa ikan, kodok, kadal, serangga besar, kepiting kecil, glodokan dan invertebrata lainnya.

Biasanya habitat Bangau Tongtong berada di wilayah aliran sungai, waduk, danau, serta rawa – rawa, atau muara dekat pinggiran pantai dan di hutan Mengrove.

Bangau Tongtong juga  pada  umumnya mendiami suatu daerah yang basah dan tergenang oleh air.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved