Siapapun Bisa Masuk Industri Fesyen dan jadi Desainer Andal

Nama Eko Tjandra dalam dunia fesyen tanah air hingga mancanegara tak bisa diragukan lagi.

Siapapun Bisa Masuk Industri Fesyen dan jadi Desainer Andal
Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang
Pameran busana Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana Angkatan 2016 Universitas Negeri Medan di Plaza Medan Fair, Kamis (21/11/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com-Nama Eko Tjandra dalam dunia fesyen tanah air hingga mancanegara tak bisa diragukan lagi. Pria kelahiran Jawa Timur ini sudah menorehkan banyak prestasi yang mengharumkan nama Indonesia.

Saat mengisi talkshow dalam gelaran Philofestra 2019, ia bercerita perjalanannya hingga menjadi seorang designer yang tidaklah mudah. Tapi menurutnya semua orang bisa masuk ke industri fesyen dan jadi fashion designer.

"Brand fashion saya awal mulanya berdiri 9 tahun lalu. Awalnya saat saya datang ke Jakarta dan merantau. Saya sudah melakoni berbagai macam kegiatan, ngamen, jadi pemeran figuran, kerja di pasar, hingga segala macam pekerjaan," kata Eko, Kamis (21/11/2019)

Hingga ia datang ke acara temannya dan menyumbangkan sebuah lagu. Dari sana dia mempunyai kesempatan menjadi penyanyi dari satu cafe ke cafe yang lain. Lambat laun ia mulai menjadi  penyanyi di acara pernikahan.

"Wedding hanya ada Sabtu dan Minggu, lalu Senin sampai Jumat kegiatan saya cuma menghapal lagu. Beruntung sebelum datang ke Jakarta saya sudah membekali diri saya dengan banyak hal, salah satunya menjahit. Saya bisa membuat pola dan menjahit pakaian," katanya.

Ia mengatakan dulu kemampuan ekonomi keluarga tak sanggup membiayai untuk Eko bisa kuliah. Ia mendapatkan bekal menjahit dari ibu temannya. Karena sering menyanyi di acara pernikahan dan berteman dengan banyak penyanyi wanita yang membutuhkan gaun untuk menyanyi, dengan bahan seadanya Eko membuat sebuah gaun.

"Saya buat gaun dari gorden ibu kos. Sesudah jadi, saya pakaikan ke teman saya dan hasilnya mereka merasa bagus. Saya bilang untuk cukup mengganti uang bahannya saja, dari uang tersebut sisanya saya belikan bahan baju.  Dan akhirnya berkembang terus dari satu teman ke teman lainnya," katanya.

Ia mengatakan perjalannya menjadi fashion designer butuh proses panjang.  Dulunya lulusan SMK Jurusan Akuntansi, kini namanya sudah sangat diakui di dunia fesyen. Pakaian rancangannya juga sudah banyak dipakai oleh artis hingga penyanyi. Bahkan ia dipercaya menjadi perancang kostum nasional Indonesia di ajang olahraga terbesar di dunia Olimpiade Rio 2016

"Sangat beruntung adik-adik yang bisa show dengan karyanya. Mendapatkan pengalaman sekolah itu luar biasa," katanya.

Dikatakan Eko untuk membuat busana khususnya busana nasional, inspirasi karyanya tercipta melalui adanya komunikasi. Ia selalu membuat busana yang mempunyai makna yang sangat dalam. Menurutnya siapapun bisa masuk ke industri fesyen dan menjadi fashion designer asal mau berusaha.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved