Jelang Ujian CPNS, Bimbel jadi Incaran Peserta untuk belajar

Bima sendiri mematok harga Rp 3 juta per paket untuk empat pertemuan dalam seminggu.

Jelang Ujian CPNS, Bimbel jadi Incaran Peserta untuk belajar
Kolase TribunJabar.id (Istimewa dan Kompas.com)
CPNS. (Kolase TribunJabar.id (Istimewa dan Kompas.com) 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemerintah membuka kembali seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS pada 2019-2020. Peserta penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tentu ingin lolos dan diterima menjadi PNS.

Menunggu ujian dilaksanakan, lembaga bimbingan belajar (bimbel) seleksi CPNS, pastinya diminati oleh masyarakat. Untuk menjadi seorang PNS tidaklah mudah begitu saja, Jumat (29/11/2019).

Ada serangkaian tahap yang harus dilalui oleh para pelamar. Baik itu mempersiapkan berkas untuk proses lamaran, maupun menyiapkan diri untuk mengikuti ujian.

Badan Kepegawaian Negara (BKN), Regional VI, Provinsi Sumatera Utara mencatat sebanyak 153.415 ribu melakukan pendaftaran Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari 26 kabupaten/kota yang membuka formasi.

Tak muluk-muluk, sebelum mengikuti ujian yang untuk menjadi PNS, para pelamar pastinya ramai-ramai memilih tempat bimbingan belajar (Bimbel).

Sebab, di Bimbel sendiri membuka kelas untuk belajar mengenai simulasi ujian CPNS dengan mencontoh soal-soal tahun lalu. Di Bima sendiri mematok harga Rp 3 juta per paket untuk empat pertemuan dalam seminggu.

Kemudian, untuk yang hanya mengikuti Try Out (TO) dibebankan biaya Rp 50 ribu per orang.

"Kalau belajar sama seperti dengan ujian CPNS, simulasi sama. Yang berbeda hanya soal. Karena memakai contoh soal yang lama," ujar Pimpinan Bimbel Bima, Roberto Valentino Tarigan.

Di Bima membuka dua kategori kelas, pertama belajar empat kali seminggu dan gratis mengikuti TO tiga kali. Di Bimbel Bima, untuk peserta yang mengikuti kelas belajar rutin diberikan materi khusus.

Ia mengatakan, dengan membayar Rp 3 juta peserta bisa mendapatkan tambahan pelajaran untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Pelajaran khusus yang kita berikan TWK, TIU, dan TKD. kalau mereka bimbingan ada contoh soal," jelasnya.

Ia mengatakan, saat ini para pelamar CPNS sudah bisa mendaftar di Bimbel Bima. Pendaftaran akan dibuka sampai bulan Desember mendatang.

(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved