Pemkot Medan Serius Tangani Pelanggar Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok

Pemkot Medan lakukan penegakkan hukum terkait Perda yang mengatur tentang Kawasan Tanpa Rokok di sejumlah tempat di Medan

Pemkot Medan Serius Tangani Pelanggar Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok
DOK. Humas Pemkot Medan
Pemkot Medan tindak pelanggar Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok di halaman parkir Masjid Raya Al Mashun, Kamis (28/11/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Sebanyak 18 warga harus menjalani persidangan lapangan karena terbukti melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di halaman parkir Masjid Raya Al Mashun, Kamis (28/11/2019).

Peraturan KTR sendiri berlaku sejak 30 Januari 2014. Selain peraturan KTR, 18 orang tersebut melanggar pula Peraturan Wali Kota Medan Nomor 35 Tahun 2014  tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3  Tahun 2014 tentang KTR.

Peraturan Wali Kota Medan itu sendiri berlaku sejak tanggal 17 Juli 2014.

Persidangan lapangan dilakukan karena warga yang umumnya pria itu kedapatan merokok di tujuh lokasi yang telah ditetapkan menjadi KTR.

Selain mengikuti persidangan lapangan, warga yang melakukan pelanggaran tersebut juga divonis majelis hakim untuk membayar denda.

Di tempat itu, perlengkapan persidangan, termasuk hakim, panitra serta tata usaha dari Pengadilan Negeri Medan dan jaksa dari Kejari Medan telah disediakan.

Proses persidangan lapangan dimulai pukul 10.30 WIB. Satu - persatu dari 18 warga mengikuti persidangan dan dijatuhi vonis untuk membayar denda.

‘’Usai persidangan lapangan, berhasil dikumpulkan uang denda sebesar Rp. 410.000. Seluruh  uang hasil denda ini akan kami setor ke kas negara,’’ jelas Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan diwakili Rahmad Doni selaku Kasi Penyidikan, Penuntutan dan Barang Bukti.

Pasca persidangan, Ramhad menegaskan, penegakan Perda dan Perwal tentang KTR ini akan terus dilakukan guna memberikan efek jera kepada masyarakat.

Sudah sosialisasi

Halaman
123
Penulis: penulis.kilaskgmedia
Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved