Bikin Bangga, Wasit Wushu Asal Sumut Turut Memimpin Laga SEA Games Filipina 2019

Sumatera Utara mengutus 19 atlet terbaiknya untuk berlaga membela merah putih pada pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara

Bikin Bangga, Wasit Wushu Asal Sumut Turut Memimpin Laga SEA Games Filipina 2019
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Wasit Cabor Wushu Indonesia asal Sumut, Woldrod Wilson Sibarani 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sumatera Utara mengutus 19 atlet terbaiknya untuk berlaga membela merah putih pada pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara yakni SEA Games Filipina 2019 yang berlangsung hingga 11 Desember mendatang.

Namun siapa sangka, selain mengirimkan atlet dan ofisial, Sumut juga memiliki perwakilan wasit yang juga bertugas memimpin laga pada gelaran akbar dua tahunan tersebut.

Dia adalah Woldrod Wilson Sibarani yang bertugas memimpin laga untuk pertandingan cabang olahraga (Cabor) bela diri Wushu.

Tak hanya memimpin laga di SEA Games, wasit kelahiran Medan, 15 Februari 1987 ini rupanya juga memiliki prestasi mentereng lainnya. Pada gelaran Asian Games 2018 lalu di Jakarta-Palembang, dirinya juga turut bertugas menjadi wasit dan juri.
Teranyar, alumni UNIMED ini juga turut ditugaskan untuk memimpin laga pada kejuaraan piala dunia (world cup) Wushu ke-15 di Shanghai, China bulan Oktober lalu. Tentu penunjukkan Woldrod merupakan prestasi yang membanggakan bagi Sumut.

"Saya menjalani profesi sebagai wasit-juri di cabang olahraga wushu Sanda (tarung) baru delapan tahun sampai sekarang. Mulai ambil lisensi wasit-juri sejak tahun 2011. Yang terbaru akan bertugas di SEA Games Filipina 2019," ujarnya kepada Tribun Medan.

Woldrod menuturkan dalam menjalani tugas sebagai wasit-juri, tentu memiliki suka-duka tersendiri. Namun hal itu dijalaninya dengan baik hingga bisa memimpin laga internasional.

"Kalau duka nya mungkin kelelahan seperti di Shanghai kemarin kita dari pagi sampai dini hari memimpin laga dari berbagai negara. Jadi harus punya stamina. Kalau sukanya ya sudah pernah ke negara orang (luar negeri) bertugas," ungkapnya.

Lebih lanjut kata Woldrod, dalam memimpin laga internasional tak lepas dari penggunaan bahasa Inggris. Karena itu, menurutnya seorang wasit internasional juga harus mampu memahami Inggris dengan baik.

Namun tak hanya itu, Woldrod mengatakan, seorang wasit wushu juga harus menjalankan peraturan yang ditetapkan oleh International Wushu Federation (IWUF) yang adalah induk olahraga Wushu dunia. Tentunya dalam bertugas, wasit juga harus menjunjung tinggi keadilan dan tidak boleh ada keberpihakan pada pihak manapun.

"Jadi wasit juri itu yang pertama keseriusan. Kalau memang berkecimpung harus serius. Kalau untuk cabor Wushu ada dua bahasa, Mandarin dan Inggris. Intinya wasit harus memimpin seadil-adilnya. Tugas wasit juri menjaring atlet yang benar layak jadi juara," kata pemilik lisensi B untuk wasit internasional cabang olahraga Wushu ini.

Sebagai wasit, Woldrod juga berharap ke depan agar Wushu Indonesia khususnya di Sumut terus berkembang dan semakin maju. Dia juga mengharapkan Indonesia bisa menjadi yang terbaik di Asia Tenggara.

"Untuk prestasi Sumut kita bersyukur juga dengan mengirimkan 11 atletnya ke PON Papua 2020 (full team). Kita harapkan prestasi yang sudah baik dari PON sebelumnya bisa dipertahankan dan agar lebih ditingkatkan," pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasar jadwal, perhelatan SEA Games 2019 yang secara resmi telah dibuka lewat upacara pembukaan bertempat di Philipine Arena Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11/2019) malam. Sedangkan pertandingan akan berlangsung hingga tanggal 11 Desember mendatang.

Biofile:
Nama: Woldrod Wilson Sibarani, S.Pd.
TTL: Medan, 15 Februari 1987
Pofesi: Wasit-Juri Cabor Wushu
Pendidikan: Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED
Prestasi:
- Penugasan memimpin pertandingan pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang
- Penugasan memimpin laga pada kejuaraan world cup Wushu ke-15 di Shanghai, China Oktober 2019
- Penugasan memimpin pertandingan di ajang Summer Universiade, Taipei, Taiwan
- Penugasan memimpin pertandingan di SEA Games, Filipina 2019

(Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved