Tribun Wiki

Cafe Nasgor POSBABAT, Pertama Jual nasi Goreng Babat Khas Salatiga di Sumatera

Cafe ini yang pertama kali menjual atau menyajikan menu Nasi Goreng Babat di Cafe ini yang pertama kali menjual atau menyajikan menu Nasi Goreng Babat

Cafe Nasgor POSBABAT, Pertama Jual nasi Goreng Babat Khas Salatiga di Sumatera
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Pemilik Cafe Nasgor POSBABAT, Edy Hartanto sedang menikmati menu gongso dan nasi goreng nasi goreng mix 3 empal + babat + iso yang terletak di Jalan Darrussalam, Sei Sikambing D, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Minggu (1/12/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com - Satu lagi cafe menambah khasanah wisata kuliner Kota Medan, Cafe Nasi Goreng (Nasgor) POSBABAT.

Cafe ini yang pertama kali menjual atau menyajikan menu  Nasi Goreng Babat di Kota Medan.

Bahkan, POSBABAT merupakan satu-satunya cafe yang menjual menu Nasi Goreng Babat di Pulau Sumatera.

Nasi Goreng Babat ini merupakan kuliner khas Kabupaten Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Berangkat dari usaha rumahan, POSBABAT menjadi cafe yang memiliki cabang di kota-kota besar. Kini POSBABAT buka caban di Medan, tepatnya di di Jalan Darrussalam, Sei Sikambing D, Kecamatan Medan Petisah.

Nasi goreng  POSBABAT sangat berbeda dengan nasi goreng yang sering ditemui di Kota Medan. Karena, biasa nasi goreng di Medan banyak ditemui dalam penyajiannya, yaitu nasi goreng dengan acar bawang, kerupuk, bawang goreng, daun sop, timun, tomat, ditambah telur, serta suwiran ayam dan daging.

Nasi goreng POSBABAT disajikan dengan wadah yang berupa talam berbentuk rotan dan bernuansa budaya, serta dialasi dengan daun pisang.

Kemudian, terdapat nasi goreng yang dicampur dengan potongan babat sapi, dan telur ayam, lalu irisan cabe caplak yang membuat sensasi pedas, kemudian diatas nasi gorengnya terdapat tambahan ketimun, tomat, dan kerupuk.

Sebagian bahan nasi goreng POSBABAT, terutama bumbu-bumbu rempahnya langsung dikirim dari Kota Salatiga. Berasnya menggunakan beras dari Toba, yang hanya dipanen dalam satu tahun sekali. Hal ini semata untuk menjaga kualitas dan rasa kepada pelanggan.

Walaupun dibuat dengan bahan yang premium, namun harga masih standard harga nasi goreng di Kota Medan. Untuk menu nasi goreng khas Salatiga ini, ada menu Nasi Goreng Telur, Nasi Goreng Ayam, Nasi Goreng Babat, Nasi Goreng Empal, Nasi Goreng Iso, dan varian lengkap seperti Nasi Goreng Mix 3 Empal, Babat, Iso, serta varian nasi goreng khas Salatiga lainnya. Kemudian, harganya dimulai dari harga Rp 15 ribuan sampai harga Rp 40 ribuan untuk yang nasi goreng mix.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved