Hari Aids Sedunia di Medan Diperingati Dengan Pita dan Petisi Dukungan ODHA

Peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) yang jatuh setiap 1 Desember diperingati sebagai makna meningkatkan pemahaman masyarakat terkait virus HIV

Hari Aids Sedunia di Medan Diperingati Dengan Pita dan Petisi Dukungan ODHA
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Kampanye peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) yang digelar Medan Plus di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (1/12/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Peringatan Hari Aids Sedunia (HAS) yang jatuh setiap 1 Desember diperingati sebagai makna meningkatkan pemahaman masyarakat terkait virus HIV.

Kali ini di Medan, peringatan HAS digelar di Lapangan Merdeka Medan sejak pukul 06.00 WIB-10.00 WIB Minggu (1/12/2019) pagi.

Sejumlah komunitas dan kalangan perguruan tinggi mengampanyekan pemahaman HIV dan Aids kepada masyarakat yang sedang berolahraga akhir pekan. Berbagai hal dilakukan salah satunya adalah membagikan pita merah khas HIV dan Aids.

Amatan di Lapangan Merdeka, salah satu komunitas yang masih fokus dengan Orang Dengan HIV dan Aids (ODHA) adalah Medan Plus.

Tak kurang 200 pita diberikan mereka kepada masyarakat.

"Jadi kita siapkan sejak seminggu kemarin pita, brosur informasi dan petisi, sebagai upaya dukungan untuk ODHA tidak mendapat diskriminasi dan stigma negatif lagi," ujar Asih, Kepala Program Manajer Medan Plus.

Asih berujar masih minimnya pemahaman masyarakat di Kota Medan.

Sebab selain pemberian pita dan penandatanganan, upaya lain dengan mengenakan kaos "Kami ODHA Peluk Kami" masih minim yang mau memeluk.

"Artinya mereka masih takut dengan ODHA. Gak ada yang mau peluk waktu kita coba pakai kaos tulisan seperti itu," ujar Asih.

Selain itu kata Asih, dengar pendapat dengan masyarakat banyak yang mengira seorang ODHA bakal cepat menemui ajal. "Mereka masih mengira penularan HIV begitu mudah dan ODHA pasti cepat matinya. Nah, ini yang kita ingin Pahamkan lagi," tutup Asih yang membagikan pita di Jalan Balaikota Medan.

Perlu diketahui Hari AIDS Sedunia pertama dicetuskan pada 1988 dan diperingati setiap 1 Desember. HAS adalah James W. Bunn dan Thomas Netter yang bekerja di bagian informasi Global Programme World Health Organization (WHO).

Tanggal ini diperingati agar menambah kesadaran penting dalam berjuang melawan virus penyebab AIDS, yakni HIV, sekaligus memberikan support pada terinfeksi AIDS dan mengenang para korban penyakit tersebut.

 (cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved