Kembangkan Biji Durian Jadi Beras, SMP YPSA Raih Perak di OPSI 2019

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2019 diikuti oleh 104 peneliti muda dari seluruh provinsi.

Kembangkan Biji Durian Jadi Beras, SMP YPSA Raih Perak di OPSI 2019
DOK. Humas Pemkot Medan
SMP Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah meraih medali Perak dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2019 pada 26-30 November 2019 di Jakarta. 

TRIBUN-MEDAN.com - SMP Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) dari Sumatera Utara (Sumut) meraih medali perak pada ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2019 yang digelar Kementerian Pendidikan Nasional 26-30 November 2019 di Jakarta.

Kepala SMP YPSA Irsal Efendi mengatakan bahwa oplimpiade ini menghadirkan 104 peneliti muda dari seluruh provinsi yang naskahnya telah lulus seleksi. Sebelum seleksi total ada 875 siswa.

"SMP YPSA mampu meraih prestasi dengan mempresentasikan judul penelitan Pengembangan Beras Analog dari Biji Durian sebagai Alternatif Sumber Pangan," papar Irsal, Minggu (1/12/2019).

Dia menambahkan, Juri OPSI 2019 yang terdiri atas Didi Chandra dari Universitas Pendidikan Indonesia, Sukma Surya Kusumah dan Wahyu dari Institut Teknologi Bandung, melakukan penilaian dan tanya jawab terhadap tim perwakilan SMP YPSA.

“Para juri tersebut terkesan dengan ide dan sikap kritis dari Zachari Fitrah illah, M. Hafizh Athallah Rinaldi, dan Shahira Syahriza,” tambah Irsal.

Lalu, lanjut Irsal, mereka juga memberi pesan kepada tim SMP YPSA untuk mengembangkan Penelitian tersebut dan tetap Semangat.

"Semoga raihan prestasi yang dicapai dapat memberikan motivasi untuk pencapaian prestasi lainnya", harap Irsal seperti keterangan tertulisnya.

Sementara itu, guru peneliti dan pendamping tim SMP YPSA Robi Cio menjelaskan,  anak-anak mempresentasikan hasil penelitiannya berjudul 'Pengembangan Beras Analog dengan Memanfaatkan Biji Durian' di depan dewan juri.

Tak hanya itu, mereka pun mempraktikan  memasak beras dari biji Durian serta meminta dewan juri untuk mencobanya.

“Alhamdulillah ketiga dewan juri menyampaikan bahwa nasinya enak dan memberi tanggapan yang baik terhadap presentasi dari tim SMP YPSA", ungkap Robi.

(Penulis: Inang / Editor: Mikhael)

Tags
YPSA
durian
Penulis: penulis.kilaskgmedia
Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved