Misteri Pembunuhan Hakim

Ini Daftar Perkara yang Ditangani Hakim Jamaluddin pada 2019, Didominasi Kasus Narkotika

Bahwa terhadap perkara-perkara yang ditangani almarhum tidak ada yang berujung kerusuhan.

Ini Daftar Perkara yang Ditangani Hakim Jamaluddin pada 2019, Didominasi Kasus Narkotika
Tribun Medan/M Andimaz Kahfi
Ketua Pengadilan Negeri Medan Sutio Jumagi Akhirno, dan Wakil Ketua PN Medan Abdul Azis (kanan) . 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Rekam jejak perkara Hakim Jamaluddin ternyata didominasi perkara-perkara narkotika selama tahun 2019 di Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua PN Medan, Abdul Azis kepada Tribun, Selasa (3/12/2019) di depan gedung A PN Medan.

"Kalau PN Medan kan banyak kasus itu memang hampir 65% itu kasus-kasus yang narkoba tapi ada juga yang perkara pidana lain. Untuk beliau ini hampir sama seluruh hakim di PN Medan ini hampir 200-an hingga 300-an setahun itu orang hakim memeriksa perkara, jadi memang banyak," tuturnya.

Ia mengungkapkan bahwa terhadap perkara-perkara yang ditangani almarhum tidak ada yang berujung kerusuhan. 

"Tapi untuk pada saat kami melihat tidak ada yang menonjol sama semua perkara-perkara nya itu.
Nggak adda yang hal-hal lain misalnya yang menarik perhatian seperti kerusuhan atau misalnya ada demo tidak ada pada saat itu yang menangani," jelasnya.

Terkait aktivitas Jamal di luar profesi hakim, Azis menjelaskan dirinya tak menahu dan menyerahkan seluruhnya kepada kepolisian.

"Kalau saya pribadi saya tidak tahu, setahu saya dia sebagai hakim saja kalau yang lain apakah beliau punya usaha lain diluar saya tidak tahu. Kalau saat ini saya tidak tahu itu tugas penyidikan. Intinya kami berharap kepada pihak kepolisian supaya lebih cepat diusut. Supaya kami tidak mengira-ngira lagi," jelasnya.

Ia menerangkan, bahwa ketika Jamal tewas bahwa pihaknya tengah mempersiapkan Hakim lainnya untuk menggantikan posisi jamal.

"Jadi mesti telah tiada,berkas perkara yang ditangani Pak Jamal harus tetap berjalan. Banyak ada sekitar 16-17 berkas jadi harus dilanjutkan perkara-perkara yang ditangani beliau nanti karena beliau meninggal ini akan diganti dengan hakim yang lain. Jadi ada banyak juga perkara yang ditangani dari Januari 2019 ada sekitar 60 hingga 70," pungkasnya.

(vic/tribunmedan.com)

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved