Jelang Natal dan Tahun Baru, Okupansi Hotel Masih 50 Persen

Pada bulan November, okupansi hotel di Sumatera Utara masih di kisaran 48 persen. Memasuki Desember, tingkat keterisian hotel akhir tahun

Jelang Natal dan Tahun Baru, Okupansi Hotel Masih 50 Persen
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Ketua PHRI Sumut, Denny S Whardana. 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Natal dan Tahun Baru menjadi momen yang tepat dirayakan bersama. Momen ini juga menjadi saat bagi para perantau untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Tak jarang hal ini juga membuat berbagai industri seperti perhotelan terdongkrak okupansinya.

Namun ada yang berbeda tahun ini, hingga memasuk Desember 2019, okupansi hotel di Sumatera Utara masih diproyeksikan 50 persen.

Hal ini diungkapkan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara, Denny S Wardhana saat dihubungi Tribun Medan Kamis (5/12/2019).

"Pada bulan November, okupansi hotel di Sumatera Utara masih di kisaran 48 persen. Memasuki Desember, tingkat keterisian hotel akhir tahun masih mencapai 50 persen. Ini baru tahun ini terjadi, biasanya jelang Natal dan Tahun Baru sudah ramai pemesanan kamar," ujarnya.

Menurut Denny, hal ini sebagian besar masih terpengaruh oleh mahalnya harga tiket pesawat. Hal ini menyebabkan orang yang berfikir ulang untuk pulang atau berkunjung ke berbagai daerah termasuk ke Sumatera Utara.

"Selama ini harga tiket hanya dibawah satu juta per orang, sedangkan sekarang dua kali lipat lebih mahal. Penambahan harga tiket pesawat ini berarti masih tinggi," ujarnya.

Sedangkan untuk pemesanan kamar pada akhir tahun nanti masih di dominasi oleh pengunjung domestik. Sementara kata Denny, untuk kunjungan wisatawan mancanegara masih belum ada kenaikan.

"Dari pemesanan hotel, angka 50 persen itu masih kebanyakan dari tamu domestik. Karena booking natal dan tahun baru juga belum tinggi. Tapi kita lihatlah, nanti pertengahan bulan baru terlihat," ujarnya

Sementara itu berbagai hotel tengah ramai memberikan promo-promo menarik untuk merayakan momen Natal dan Tahun Baru. Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan menargetkan okupansi hotel sebesar 78 persen pada akhir tahun 2019 ini.

"Untuk okupansi kita pada November ini lumayan bagus, walaupun memang industri bisnis sedang ada penurunan ya. Kami November ini bisa mencapai 80 persen, sedangkan untuk akhir tahun target kami di 78 persen," ungkap Public Relation Officer Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan Nivi Syeron Iroth.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved