49 Orang Keracunan Makanan Acara Syukuran Kelahiran, Bupati Asahan Tanggung Biaya Perawatan

Kedatangan Bupati Asahan untuk melihat langsung kondisi warga yang disebut mengalami keracunan diduga setelah mengkonsumsi makanan

49 Orang Keracunan Makanan Acara Syukuran Kelahiran, Bupati Asahan Tanggung Biaya Perawatan
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Satu di antara anak yang tengah mendapat perawatan di IGD RSUD H Abdul Manan Simatupang pada Sabtu (7/12/2019) malam. Puluhan warga Dusun IV, Desa Lubuk Palas, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan mengalami mual-mual dan sakit perut pascamenyantap hidangan pada hajatan tetangga mereka pada Jumat (6/12/2019) kemarin. 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Bupati Asahan, Surya bersama rombongan mengunjungi warga Dusun III, Dusun IV dan Dusun V, Desa Lubuk Palas, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan yang tengah mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Abdul Manan Simatupang (HAMS), Kisaran maupun di Puskesmas Binjai Serbangan, Kecamatan Air Joman pada Minggu (8/12/2019).

Kedatangan Surya untuk melihat langsung kondisi warga yang disebut mengalami keracunan diduga setelah mengkonsumsi makanan disebuah hajatan warga pada Jumat (6/12/2019) malam.

Usai melihat seluruh kondisi warga yang tengah dirawat, Surya mengatakan bahwa Pemkab Asahan akan menaggung seluruh biaya perobatan korban diduga keracunan makanan, baik yang RSUD HAMS, Kisaran maupun di Puskesmas Binjai Serbangan, Kecamatan Air Joman.

"Untuk pembiayaan pengobatan seluruh korban dugaan keracunan makanan yang dialami warga Lubuk Palas akan ditanggung Pemkab Asahan" tegas Surya, Minggu.

Surya pun berharap kesehatan puluhan warga Desa Lubuk Palas dapat segera kembali pulih dan setelah itu dapat menjalani aktivitas seperti sebelumnya.

"Semoga semua warga kita yang terkena keracunan massal ini bisa secepatnya pulih dan sehat kembali. Saya harapkan semua korban bisa istirahat dan pemulihan yang diutamakan. Dan kita semua berharap tidak ada lagi korban tambahan," ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan data Minggu (8/12/2019) jumlah warga Desa Lubuk Palas yang menjadi korban diduga akibat keracunan makanan sebanyak 49 orang.

Sebanyak 13 orang menjalani perawatan di RSUD HAMS dan yang dirawat di Puskesmas Binjai Serbangan berjumlah 30 orang.

"Enam orang lainnya sudah diperbolehkan pulang setelah mendapatkan perawatan di puskesmas," kata Camat Silau Laut, Berani Simbolon.

Para warga itu diduga mengalami keracunan makanan, setelah menghadiri dan mengkonsumsi hidangan yang disajikan di rumah tetangga mereka, bernama Komariah (50) yang menggelar acara syukuran kelahiran pada Jumat (6/12/2019) malam kemarin.

Halaman
12
Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved