Cedera Lutut dan Tujuh Jahitan di Lengan, Harris Tetap Raih Emas Sea Games 2019

Tak hanya medali emas, atlet asal kota Medan ini turut memborong 2 medali perak dari nomor individu kategori Nandao/Nangun serta dari kategori Nanquan

Cedera Lutut dan Tujuh Jahitan di Lengan, Harris Tetap Raih Emas Sea Games 2019
HO
Atlet Wushu taolu Indonesia asal Sumatera Utara Harris Horatius, peraih medali emas SEA Games Filipina 2019. 

TRIBUN-MEDAN.com - Rasa sakit akibat eidera lutut yang sempat dialaminya, serta tujuh jahitan di lengan kiri, tak menghalangi tekad Harris Horatius untuk meraih prestasi di SEA Games 2019 Filipina.

Atlet wushu taolu kebanggaan Sumatera Utara ini akhirnya sukses menyumbangkan medali emas dari ajang akbar pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Medali emas diperoleh Harris dari kategori Tuilan (duel beregu putra) bersama dua rekannya Edgar Marvelo (DKI Jakarta) dan Seraf Naro (Jatim). Mereka berhasil unggul dari atlet Brunei Darussalam yang berada di posisi kedua dan tuan rumah Filipina di peringkat ketiga.

Tak hanya medali emas, atlet asal kota Medan ini turut memborong 2 medali perak dari nomor individu kategori Nandao/Nangun (golok-toya) serta dari kategori Nanquan. Dua medali perak tersebut berhasil direbut Harris usai membukukan skor 9,63 di final.

Atas prestasi itu, Harris mengaku bangga sekaligus bersyukur. Menurutnya perjuangan kerasnya selama persiapan akhirnya membuahkan hasil yang baik. Dia pun turut berterima kasih pada semua pihak yang turut mendukungnya selama ini.

"Medali saya persembahkan untuk negara, saya dedikasikan juga untuk master Supandi Kusuma dan rakyat Indonesia dan Sumut," ujarnya, Selasa (10/12/2019).

Harris menuturkan, kesuksesannya meraih prestasi bukan tanpa tantangan. Sebelum berlaga di SEA Games, dirinya sempat mengalami cidera lutut kanan saat mengikuti kejuaraan dunia wushu di Shanghai, China Oktober lalu. Akibatnya dia harus menjalani pengobatan hingga tak bisa berlatih beberapa Minggu.

Tak hanya itu, sesampainya di Jakarta, saat berlatih jelang SEA Games, Harris kembali mengalami cidera di lengan kiri akibat tersabet golok rekannya. Namun berkat usaha kerasnya, atlet kebanggaan Indonesia dan Sumut ini berhasil kembali mengibarkan sang merah putih

"Kayaknya ada robek ligamen kemarin itu, sampai 1-2 minggu berobat di China dan enggak bisa latihan karena harus pemulihan hingga sembuh. Di Jakarta juga saat latihan sebelum SEA Games kembali cidera luka sobek kena golok dan dijahit tujuh jahitan, paginya kena dan malamnya sudah harus berangkat ke Filipina. Jadi untuk kurangi sakit lutut sempat diterapi dan luka di tangan ditaping," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Harris, persaingan di nomor taolu pada SEA Games 2019 juga terbilang cukup ketat. Dia juga harus berhadapan dengan para atlet yang memiliki kualitas baik dan ada juga yang merupakan atlet Asian Games 2018. Namun akhirnya, dengan usaha keras, Harris berhasil membawa pulang medali.

"Kalau targetnya agak meleset, karena di nomor Nanquan harusnya bisa emas. Tapi secara keseluruhan sudah puas karena dari kemampuan dan level saya sudah mengeluarkan yang terbaik dan tampil all out. Lawan atlet lama dan sudah sering tanding bareng. Senior aku juga ada dari Vietnam yang di nanquan. Kalau yang dari Brunei sudah sering tanding bareng," terangnya.

Usai berlaga di SEA Games Filipina 2019, Harris mengatakan bakal melanjutkan persiapan untuk berlaga pada PON Papua 2020. Atlet kelahiran 11 Oktober 1995 ini menargetkan bisa mendulang emas bagi Sumatera Utara.

Ajang SEA Games 2019, lanjut Harris, turut menjadi bahan evaluasi baginya untuk menatap PON tahun depan. Menurutnya dia masih perlu meningkatkan kecepatan dan fisik yang juga berpengaruh pada kualitas jurusnya.

"Kalau untuk tahun depan secara pribadi itu targetnya emas di PON. Dan kayaknya memang ke Harris ditargetkan emas di nomor ini (taolu)," pungkasnya.

Biofile:
Nama: Harris Horatius
TTL: Medan, 11 Oktober 1995
Ayah: Djuliasmin
Ibu: Ongliana
Pendidikan:
- Lulusan Fakultas Hukum Unpri Medan
- Mahasiswa Pascasarjana Kenotariatan Unpri Medan
Prestasi:
- Meraih 1 medali emas dan 1 perak PON 2016 Jabar
- Medali Emas SEA Games 2017 di Singapura kategori Nanquan/nangun
- Medali perunggu SEA Games 2017 di Singapura kategori tuilian.
- Medali Emas SEA Games Filipina 2019 kategori tuilian beregu putra
- Medali perak SEA Games Filipina 2019 kategori Nandao/Nangun (golok-toya)
- Medali perak SEA Games Filipina 2019 kategori nanquan
- 1 Medali emas dan 1 perunggu Kejuaraan Dunia di Shanghai, China, Oktober 2019
- Medali emas kejuaraan nasional (kejurnas) Wushu 2019 di Babel

(cr11/tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved