MAL Ditahan Kejati Sumut dalam Kasus Pencucian Uang, Ini Penjelasan Bank Sumut

Karyawan Bank Sumut berinisial MAL telah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan oleh Kejaksaan Tinggi Sumut.

MAL Ditahan Kejati Sumut dalam Kasus Pencucian Uang, Ini Penjelasan Bank Sumut
Tribun Medan/Natalin Sinaga
Kuasa hukum PT Bank Sumut, Julisman, dan Seketaris Perusahan Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar, Rabu (11/12/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com-Kuasa hukum PT Bank Sumut dari Kantor Hukum Hasrul Benny Harahap dan rekan, Julisman menegaskan dugaan penyidik tentang adanya aliran dana sebagai transaksi yang mencurigakan ke oknum karyawan PT Bank Sumut, MAL, di luar pengetahuan perusahaan.

"Kami menghormati proses penyidikan hukum dari penyidik Kejati Sumut. Namun apabila di dalam proses penyidikan penyidik Kejaksaan Tinggi Sumut diduga ada aliran dana sebagai transaksi yang mencurigakan ke MAL adalah di luar pengetahuan Bank Sumut," ujar Julisman di Medan, Rabu (11/12/2019).

Kuasa Hukum Bank Sumut itu menegaskan tindakan MAL tersebut adalah tindakan pribadi.

Karyawan Bank Sumut berinisial MAL telah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan oleh Kejaksaan Tinggi Sumut.

MAL ditahan atas dugaan tindak pidana pencucian uang atas pembelian Medium Term Notes (MTN) yang diterbitkan oleh PT. Sunprima Nusantara Pembiayaan yang dilakukan PT Bank Sumut.

Julisman menegaskan, pembelian Medium Term Notes (MTN) dilakukan periode tahun 2017 hingga 2018.
Adapun pembelian MTN yang diterbitkan PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP) oleh PT Bank Sumut sebesar Rp 177 miliar telah dilakukan sesuai dengan ketentuan dan dilakukan Divisi Treasury Bank Sumut.

Bank Sumut melakukan pembelian MTN yang diterbitkan SNP melalui perantara PT MNC Sekuiritas didasarkan didasarkan beberapa faktor.

Mulai kepercayaan yang kuat karena perusahaan finance merupakan salah satu sektor yang operasionalnya diawasi langsung Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Track record keuangan SNP sebagaimana yang tertuang dalam proposal penawaran yang disampaikan MNC Sekuiritas dinilai baik dan dapat dipercaya..

Selama pembelian tersebut Bank Sumut telah menerima pembayaran kupon/bunga sebesar Rp 2,312 miliar dan bahkan telah melakukan penjualan kembali MTN sebesar Rp 30 miliar.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved