Tribun Wiki

Stadion Kebun Bunga, Kado dari Wali Kota Medan untuk PSMS

Nama Stadion Kebun Bunga sudah tak asing lagi bagi masyarakat Kota Medan, terutama bagi sporter skuat PSMS Medan.

Stadion Kebun Bunga, Kado dari Wali Kota Medan untuk PSMS
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Stadion Kebun Bunga 

TRIBUN-MEDAN.com – Nama Stadion Kebun Bunga sudah tak asing lagi bagi masyarakat Kota Medan, terutama bagi sporter skuat PSMS Medan.

Stadion Kebun Bunga merupakan Training Center (TC) atau pusat latihan PSMS Medan, yang terletak di Jalan Candi Borobudur Nomor 2, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Rabu (11/12/2019).

Awalnya, TC PSMS Medan bertempat di Stadion Teladan. Namun, dikarenakan prestasi PSMS Medan sangat gemilang, maka TC PSMS Medan pindah ke Stadion Kebun Bunga.

Mantan striker PSMS Medan yang berjaya di tahun 1967-1979, Tumsila, menceritakan dahulu awalnya Stadion Kebun Bunga merupakan milik Pemko Medan. Namun, menjadi tempat TC PSMS Medan, karena kado pemberian Wali Kota Medan Sjoekarni.

Karena senangnya Wali Kota Medan, Sjoekarni, atas prestasi PSMS Medan berturut-turut menjuarai kompetisi devisi utama PSSI, pada tahun 1971 dalam pidato kata sambutannya Wali Kota Medan, menyerahkan Stadion Kebun Bunga sebagai tempat pusat latihan PSMS Medan.

Pidato itu sewaktu PSMS Medan juara yang ketiga kalinya, sehingga piala PSSI itu abadi untuk PSMS, sama seperti kejadiannya Piala dunia yang dimenangkan Brazil tiga kali berturut-turut.

Namun, Tumsila tidak mengetahui sampai saat ini surat penyerahan Stadion Kebun Bunga sebagai TC PSMS Medan. Meskipun, saat ini Stadion Kebun Bunga merupakan milik Pemko Medan.

Stadion Kebun Bunga
Stadion Kebun Bunga (Tribun Medan/Aqmarul Akhyar)

“Ya setahu saya Stadion Kebun Bunga sewaktu itu diserahkan kepada PSMS Medan hanya melalui pidato. Kalau surat penyerahan Stadion Kebun Bunga dari Pemko Medan ke PSMS Medan, saya tidak mengetahuinya. Inilah sejarahnya Stadion Kebun Bunga menjadi TC PSMS Medan,” tuturnya.

Selanjutnya, Stadion Kebun Bunga pun dibenahi dan dibangun gedung TC untuk PSMS Medan. Pada saat itu peletakan batu pertamanya, 31 Agustus 1973 oleh Wali Kota Medan, Drs Sjoerkani.

Kemudian diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara Marah Halim pada 28 Februari 1974.

Sampai saat ini Stadion Kebun Bunga menjadi tempat latihan rutin skuat PSMS dan di kawasan itu juga terdapat kantor PSMS Medan.

Hampir semua tribun Stadion Kebun Bunga terbuka. Tribun tertutup hanya bisa ditempati lebih kurang 250 orang.

Stadion ini digunakan sebagai markas tim sepak bola Ayam Kinantan PSMS Medan, dan hanya dipakai untuk latihan tim. Di sekitarnya terdapat pula mess untuk para pemain PSMS Medan, kemudian fasilitas seperti ruangan pertemuan, musalah, dan tempat parkir serta toilet. (cr22/tribun-medan.com)

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved