Kadin Sumut Harapkan Pemerintah Dapat Tingkatkan UMKM Untuk Bersaing di Pasar Internasional

Kadin Provinsi Sumatera Utara bersama dengan pemerintah mengikuti progam Pandanan Perniagaan (Business) di antara Usahawan

Kadin Sumut Harapkan Pemerintah Dapat Tingkatkan UMKM Untuk Bersaing di Pasar Internasional
TRIBUN MEDAN/SATIA
Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Sumatera Utara bersama dengan pemerintah menunjukan produk-produk UMKM. 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Sumatera Utara bersama dengan pemerintah mengikuti progam Pandanan Perniagaan (Business) di antara Usahawan, di Grand Ball Room The Wembley – ST. Giles, Pulau Pinang, Malaysia, 10-12 Desember 2019.

Event yang dilaksanakan antara Indonesia-Malaysia ini diharapkan dapat menjadi inpiratif dalam kontek memajukan UMKM yang ada di Sumatera Utara.

"Kegiatan ini diikuti agar para pelaku UMKM agar dapat lebih berkembang lagi dan terus maju menciptakan sesuatau produk yang memiliki daya saing," kata Ketua Kadin Sumut, Ivan Batubara.

Menurutnya, kegiatan ini sangat baik diikuti oleh para pelaku UMKM di Sumut, apalagi dalam hal ini pemerintah juga memiliki visi misi yang sama. Di mana, meningkatkan pendapatan dari penjualan produk-produk lokal.

Business Mathcing inj dibuka Oleh YB. Dato Haji Abdul Halim Bin Haji Hussain dan dilanjutkan kata sambutan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Pulau Pinang Iwanshah Wibisono.

Turut hadir pada kegiatan ini, Sekretaris Sumut Sabrina, Dinas Kopersi dan UKM, Kadis Disperindag Sumut Zonny Waldi, yang mewakili Pemerintah. Selain itu juga turut hadir rombongan dari Pemerintah Propinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Nangroe aceh Darusalam (NAD).

Ia mengatakan, pada kegiatan ini juga menghadirkan para pengusaha sukses di Medan yang telah berhasil menjual produk-produknya.

"Pelaksanaan Kegiatan Business Mathcing dan Festifal Produk dan Makanan Halal yang di ikuti dari para pengusaha UMKM yang ada di Sumatera Utara," jelasnya.

Dirinya berharap, para pelaku UMKM dapat meningkatkan nilai jual agar bisa bersaing dengan negara tetangga. Untuk itu, pentingnya sinergi yang dijalin antara instansi Pemerintah dan Swasta dalam pengembangan UMKM.

"Harus dilakukan untuk dapat merealisasikan visi Pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di sector UMKM agar bisa naik kelas," katanya.

Dikesempatan yang sama, Dinas Koperasi dan UKM melakukan Festival Kuliner Masakan Khas Sumatera Utara dilaksanakan di Paviliun Propinsi Sumatera Utara yang berlokasi di Tapak Pesta, Penang Fair.

Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dan Kadin Sumut mendukung penuh pengembengan industry rumah tangga dan berharap pelaku usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM) harus bisa memanfaatkan teknologi informasi yang ada sekarang dalam proses promosi dan pemasaran produknya untuk penguatan industry rumah tangga berbasis Teknologo Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sector penggerak ekonomi Indonesia. Selain Mensejahterakan masyarakat di tingkat local, UMKM juga menjadi fondasi menjaga stabilitas ekonomi di tingkat Nasional secara keseluruhan," jelasnya

(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved