Terdakwa Korupsi Kapal Fiktif, Nora Butarbutar Terbengong-bengong Dituntut 7 Tahun Penjara

Jaksa Penuntut Umum Kejari Dairi menuntut terdakwa korupsi kapal fiktif Nora Butarbutar dengan penjara selama 7 tahun di Pengadilan Tipikor Medan

Terdakwa Korupsi Kapal Fiktif, Nora Butarbutar Terbengong-bengong Dituntut 7 Tahun Penjara
Tribun Medan/Victory Hutauruk
Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Dairi menuntut terdakwa korupsi kapal fiktif, Nora Butarbutar dengan penjara 7 tahun di Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (12/12/2019). 

Terdakwa Korupsi Kapal Fiktif, Nora Butar-Butar Terbengong-bengong Dituntut 7 Tahun Penjara

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Dairi menuntut terdakwa korupsi kapal fiktif Nora Butarbutar dengan penjara selama 7 tahun di Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (12/12/2019).

Terdakwa dinyatakan terbukti melanggar Pasal 2 Ayat 1 Jo Pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Meminta Majelis Hakim yang menyidangkan perkara ini untuk menghukum terdakwa dengan penjara selama 7 tahun dengan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan," ungkap JPU Dawin Gaja di hadapan Majelis Hakim yang diketuai Dominggus Silaban.

Selain itu, JPU menetapkan uang pengganti kerugian negara senilai Rp 309.090.909, dan apabila tidak dibayarkan akan diganti kurungan penjara selama 3 tahun 6 bulan.

"Apabila terdakwa tidak membayar uang pengganti selama 1 tahun maka harta harta-bendanya akan dilelang dan apabila tidak mencukupi akan diganti pidana penjara selama 3 tahun dan 6 bulan," jelasnya.

Dalam hal yang meringankan, dijelaskan JPU Dana terdakwa telah mengembalikan kerugian negara senilai Rp 50 juta.

"Sedangkan hal yang memberatkan terdakwa kabur selama 10 tahun menjadi buron. Dan tidak mengembalikan kerugian negara sepenuhnya," ungkap Jaksa.

Mendengar tuntutan 7 tahun, Nora Butarbutar langsung tertunduk lemas.

Wanita yang mengenakan baju putih dengan topi hitam di kepalanya terlihat bingung dan terbengong-bengong atas tuntutan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved