Tidak Ada Pemutihan Tahun Ini, Segera Bayar PKB Sekarang Juga

Jangan tunda pembayaran PKB Anda karena tidak ada pemutihan di tahun 2019

Tidak Ada Pemutihan Tahun Ini, Segera Bayar PKB Sekarang Juga
DOK. Humas Dispenda Sumut
Jangan tunda Pembayaran PKB karena tidak ada pemutihan di tahun 2019 

TRIBUN-MEDAN.com – Tahun 2019 ini, tidak ada Penghapusan Denda Keterlambatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) atau yang biasa disebut pemutihan.

Untuk itu jelang tutup buku tahun 2019, jangan tunda-tunda pembayaran Anda sebelum kena denda keterlambatan sebesar dua persen per bulan.

Perlu diketahui jika semakin ditunda, denda keterlambatan setiap bulan akan semakin banyak sehingga semakin memberatkan wajib pajak (WP).

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membayar pajak menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional dan e-Samsat. Caranya mudah. Untuk pembayaran PKB Anda cukup membawa KTP dan STNK asli.

Sementara itu untuk BBNKB, Anda perlu membawa wajib pajak, KTP asli pemilik baru dan sebelumnya, STNK asli, Buku Hitam, serta unit kendaraan untuk penggesekkan nomor rangka dan mesin.

Cara mudah bayar pajak

Samsat pun saat ini sudah bisa diakses secara online melalui smartphone guna semakin memudahkan para WP kendaraan bermotor untuk membayar.

“Tidak perlu datang dan antre di Samsat ketika hanya ingin membayar pajak," ujar Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Sumatera Utara (BPPRDSU), Riswan dalam keterangan tertulis (16/12/2019).

Ia melanjutkan, cukup melalui genggaman tangan, masyarakat sudah turut serta membangun Sumatera Utara (Sumut) yang bermartabat. Wajib pajak tinggal mengunduh aplikasi di Playstore untuk mengurus dokumen kendaraan bermotor.

Sementara itu, Samsat online sudah bisa dipakai masyarakat Sumut sejak diluncurkan Mei 2019 lalu.

Peluncuran tepatnya dilakukan pada gelaran Hiburan Budaya Sumut 2019 dalam rangka HUT ke-71 Tahun Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) di Lapangan Benteng Medan.

Samsat online merupakan layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan Tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.

Berkat aturan itu, kini aplikasi Samsat online bisa digunakan untuk pembayaran dan pengesahan tahunan PKB, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan pengesahan STNK.

Mari lancarkan pembangunan Sumut dengan membayarkan PKB kita. Pajak Kita untuk Sumut Kita.

(Penulis: Inang / Editor: Anggara)

Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved