Lolos PON Papua 2020, Tim Futsal Sumut Bakal Berbenah, Ketum AFP Bangga

Tim futsal Pra-PON Sumatera Utara berhasil merebut satu tiket lolos berlaga pada gelaran akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

Lolos PON Papua 2020, Tim Futsal Sumut Bakal Berbenah, Ketum AFP Bangga
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Skuat tim futsal Sumut yang berlaga di Pra-PON 2019 di GOR ITB A Jatinangor, Kabupaten Sumedang, 15-18 Desember 2019. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tim futsal Pra-PON Sumatera Utara berhasil merebut satu tiket lolos berlaga pada gelaran akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

Prestasi itu diraih setelah tim besutan pelatih Bantuan Mandat ini tampil gemilang pada babak kualifikasi Pra-PON yang berlangsung di GOR ITB A Jatinangor, Sumedang, Jabar 15-18 Desember 2019.

Di laga terakhir Grup A melawan Sumatera Barat, tim futsal Sumut ini sukses menang 4-3. Empat gol Sumut di laga tersebut masing-masing dicetak oleh Arif Fahrozi (tiga gol) dan Rivaldi yang juga lewat asist dari Arif.

Dengan kemenangan itu, memastikan tim Sumut berhak berlaga pada pesta olahraga terbesar empat tahunan di Papua tahun depan.

Sepulangnya dari event Pra-PON, Bantuan Manday mengatakan mereka akan langsung melaporkan kepada pihak PSSI dan KONI Sumut. Terkait bakal ada perubahan skema tim ataupun regulasi juga akan turut dibahas pada pertemuan tersebut nantinya.

"Kita mensyukuri tim futsal Sumut lolos ke PON Papua 2020. Tapi kita pasti tetap berbenah. Ada banyak, terlebih dari stamina anak-anak," ujarnya, Kamis (19/12/2019).

Atas keberhasilan itu, sebagai pelatih, Manday mengaku cukup puas. Namun dia tak mau anak asuhnya langsung besar kepala. Melainkan dia mengatakan untuk persiapan menuju PON Papua 2020 tetap masih banyak yang harus dibenahi dalam tim.

"Kita memang sudah lihat performa anak-anal sejak lawan Aceh, Jambi dan Sumbar. Ya mereka memang grafiknya meningkat dan kita cukup senang. Semoga pon tahun depan bisa meraih prestasi terbaik," harapnya.

Lebih lanjut kata Manday, sebenarnya poin yang dikumpulkan tim futsal Sumut , Sumbar, dan Aceh sama-sama 6. Namun berkat produktivitas gol anak asuhnya yang lebih unggul akhirnya mampu membawa Sumut merebut satu tiket lolos.

"Setelah laga ketiga, ada tiga tim yang poinnya sama-sama 6, Aceh, Sumut, Sumbar. Tapi dari regulasi itu tiga tim dilihat produktivitas gol di luar pertandingan melawan Jambi. Jadi kita cetak 6 gol, Sumbar 5 dan Aceh 4 gol. Sudah ketemu juga dengan match competition nya," terang Manday.

Sementara itu, atas keberhasilan tim futsal Sumut lolos ke PON Papua, ketua umum Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Utara Letkol Ismail Rambe mengaku bangga. Dia pun turut mengapresiasi kerja keras semua pemain, pelatih dan offisial.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved