Berusia 56 Tahun, Perempuan Ini Berhasil Tapakan Kaki di Puncak Gunung Leuser

Memperingati hari perempuan sedunia atau hari ibu setiap 22 Desember, 3 perempuan yang tergabung dalam tim pendaki

Berusia 56 Tahun, Perempuan Ini Berhasil Tapakan Kaki di Puncak Gunung Leuser
Istimewa
Keberhasilan Tim Sangkala mencapai puncak Gunung Leuser di Hari Ibu 22 Desember 2019 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Memperingati hari perempuan sedunia atau hari ibu setiap 22 Desember, 3 perempuan yang tergabung dalam tim pendaki kelompok penggemar kegiatan di alam bebas Sangkala menapakkan kaki di puncak Gunung Leuser.

Hal ini menjadi istimewa mengingat salah satu perempuan yang tergabung berusia lebih dari setengah abad.

Mereka adalah Alin, seorang perempuan termuda berusia 36 tahun dan tinggal di Jakarta.

Yani Lim berusia 44 tahun, selama ini bermukim di Malaysia, serta Dani yang berusia 56 tahun, yang juga pendiri Sangkala.

 Bersama mereka ada Sutrisno sebagai komandan tim dan wakilnya, Evandi beserta Malikul Yahya/Asep, dan Juandi Barutu.

Pendiri Sangkala, Zahedi mengatakan, selain dikatakan sudah tidak muda lagi, ikutnya ketiga perempuan tersebut juga terkait dengan peringatan Hari Ibu di Indonesia yang ditetapkan pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya.

“Bagi masyarakat kita, pendakian yang dilakukan peserta perempuan ini menjadi bukti kaum perempuan memang dapat melakukan apa saja yang dikehendakinya, tanpa mengingkari kodratnya sebagai perempuan, yang berfungsi sebagai istri yang baik dari suaminya dan ibu teladan bagi anak-anaknya, dengan melakukan pendakian gunung yang mengandung risiko,” kata Zahedi, Senin (23/12).

Diungkapkan Zahedi, bagi Dani sendiri, pendakian ke puncak Gunung Leuser ini merupakan pendakian nostalgia sebagai perempuan pertama dari Sumatera yang berhasil mencapai puncak Gunung Leuser pada tahun 1987 yang lalu bersama sahabat-sahabatnya sesama mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).

“Kali ini, Dani setelah 32 tahun kembali mencapai puncak Gunung Leuser bersama 'anak-anaknya' dari Sangkala,” ungkap Zahedi, yang juga Dosen Matematika di USU.

Menurut Zahedi, Dani bisa dibilang sebagai pendaki perempuan berusia paling tua yang bisa mencapai puncak Gunung Leuser. Keberhasilannya mancapai Gunung Leuser kali ini tidak terlepas dukungan dari anak-anak serta suaminya, Fachrurrozi, yang juga pendiri Sangkala serta Dosen Teknik Kimia Institut Teknologi Medan (ITM).

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved