Idolakan Pretty Sihite, Pelari Asal Tapsel Rosima Simbolon Ingin Capai Level Internasional

Belum setahun dibina di PPLP Sumut, sejumlah prestasi sudah berhasil ditorehkan Rosima Simbolon.

Idolakan Pretty Sihite, Pelari Asal Tapsel Rosima Simbolon Ingin Capai Level Internasional
Tribun Medan/Chandra Simarmata
Atlet pelajar binaan Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Utara, Rosima Simbolon (kanan) saat juara Bukit Barisan Run 5K 2019. 

TRIBUN-MEDAN.com - Menjadi atlet profesional yang mampu menorehkan segudang prestasi nasional dan internasional yang mengharumkan nama daerah, bangsa dan negara adalah impian setiap atlet muda.

Impian ini jugalah yang dimiliki oleh pelari muda Sumut asal Lobu Sipange, Tapanuli Selatan, Rosima Simbolon.

Bagi Rosima, jalan untuk menjadi atlet berprestasi kini sudah terbuka lebar.

Pelari yang memiliki nomor spesialisasi jarak jauh ini berhasil lolos seleksi masuk di Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Utara tahun 2019.

"Saya ingin bisa seperti pelari putri Sumut Pretty Sihite yang sudah menorehkan prestasi hingga SEA Games. Insya Allah bisa jadi seperti dia apalagi spesialisasinya sama-sama jarak jauh," ujarnya kepada Tribun Medan, Senin (23/12/2019).

Belum setahun dibina di PPLP Sumut, sejumlah prestasi sudah berhasil ditorehkannya. Beberapa diantaranya adalah medali perunggu di arena Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumut 2019 dan Juara 1 Rajawali Run, Lari 10 K di Kota Padangsidimpuan 2019. Terbaru, atlet muda kelahiran 2 Agustus 2004 ini juga sukses menjuarai event Bukit Barisan Run 5K dan 10K kategori pelajar/mahasiswa 2019 yang digelar Minggu, 22 Desember kemarin sekaligus menjadi hadiah dipenghujung tahun.

Atas prestasinya itu, Rosima mengaku sangat bangga. Apalagi dirinya masih duduk di bangku SMA kelas 1. Meski prestasinya belum sehebat para seniornya, namun dia bertekad untuk terus mengasah diri hingga bisa nantinya nenggantikan para seniornya.

"Senang pastinya. Latihan enggak sia-sia. Dari pagi bangun tengah lima untuk mulai latihan. Dan lanjut sore juga latihan sesuai program. Hadiah uangnya juga untuk ditabung dan sebagian sama orangtua. Semoga ke depan bisa dipertahankan dan kalau bisa ditingkatkan lagi," harapnya.

Usai menorehkan sejumlah prestasi tingkap provinsi tahun ini, Rosiam bertekad lebih giat berlatih lagi tahun depan. Dirinya pun bertekad membidik prestasu tingkat nasional tahun depan. Dijadwalkan kejuaraan nasional (kejurnas) antar pplp juga akan kembali digelar tahun depan serta ajang resmi Persatua  n Atletik Seluruh Indonesia (PASI) lainnya.

"Tahun depan akan persiapan kejurnas antar PPLP/SKO 2020 di Aceh yang kayaknya bulan April juga seperti tahun lalu. Insya Allah bisa pecahkan limit 18 menit untuk nomor 5000 meter. Sebelumnya, catatan saya 18 menit 23 detik. Semoga bisa raih medali," tutupnya.

Biofile
Nama: Rosima Simbolon
TTL: Lobu Sipange, 2 Agustus 2004
Pendidikan: SMA Negeri 15 Medan
Ayah: Parnaekan Simbolon
Ibu: Rostika Siregar
Prestasi:
- Medali emas nomor lari 1500 dan 5000 meter Popda Sumut di Padangsidimpuan 2018
- Medali emas O2SN 2018 tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan
- Medali perunggu nomor lari 800 meter Porprov Sumut 2019
- Juara 1 Bukit Barisan Run 5K dan 10K kategori pelajar/mahasiswa 2019
- Juara 1 Rajawali Run, Lari 10 K di Kota Padangsidimpuan 2019
- Juara 3 Medan run 10K 2019

(cr11/tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved