Melatih Peserta Didik Lebih Mandiri, HSPG Medan Adakan Fieldtrip ke Dusun Kreatif Indonesia

Belajar tidak hanya dilakukan di ruang kelas saja, tetapi bisa juga dengan terjun langsung ke lapangan dan bertemu narasumber yang tepat.

Melatih Peserta Didik Lebih Mandiri, HSPG Medan Adakan Fieldtrip ke Dusun Kreatif Indonesia
TRIBUN MEDAN/HO
Desember 2019 peserta didik dan guru HSPG Medan melaksanakan kegiatan fieldtrip ke Dusun Kreatif Indonesia. 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN - Belajar tidak hanya dilakukan di ruang kelas saja, tetapi bisa juga dengan terjun langsung ke lapangan dan bertemu narasumber yang tepat. Ini yang dimaksud dengan fieldtrip. Kali ini para peserta didik HSPG (Homeschooling Primagama) Medan melaksanakan kegiatan fieldtrip di “Dusun Kreatif Indonesia”.

Sebelum kita membahas kegiatan apa saja yang dilakukan oleh para peserta didik HSPG Medan selama fieldtrip, alangkah baiknya kita mengetahui apa fieldtrip itu? Fieldtrip merupakan studi lapangan yang dilakukan oleh peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar yang terjadi atau dilaksanakan di luar sekolah. Artinya, fieldtrip ini merupakan kunjungan wisata atau kunjungan yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran di luar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan.

Lalu, mengapa harus dengan kegiatan fieldtrip? Dengan adanya kegiatan pembelajaran di luar sekolah (fieldtrip), peserta didik mampu belajar lebih banyak dan mendapat pengalaman lebih dari kegiatan mereka di luar sekolah, dapat melatih diri sang anak untuk hidup lebih mandiri, dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi serta dapat merangsang minat siswa.

Di penghujung tahun pada bulan Desember 2019 peserta didik dan guru HSPG Medan melaksanakan kegiatan fieldtrip ke Dusun Kreatif Indonesia. Dalam kunjungannya, peserta didik mempelajari bagaimana proses pembuatan makanan tradisional seperti, cantik manis, kelepon, dan lumpang, serta para peserta didik juga diberi pengenalan terhadap bahan-bahan dan alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan makanan tradisional tersebut.

Selain kegiatan  mempelajari proses pembuatan makanan tradisional, kemudian peserta didik juga diperkenalkan berbagai jenis permainan tradisional dari tim Dusun Kreatif Indonesia tersebut. Jenis permainan yang diperkenalkan kepada para peserta didik seperti, Bolak-balik botol, Estafet air, dan Tangkap belut.

Kegiatan fieldtrip ini diikuti oleh peserta didik dengan penuh semangat, gembira ria, dan antusias yang sangat tinggi.

Dengan ini, “Pimpinan HSPG Medan Fatya Ulfa, S.Psi.” mengatakan, kegiatan ini dapat menciptakan atmosfer pembelajaran yang mengesankan. Hal ini lah yang mampu menciptakan pembelajaran yang  mudah untuk dipahami, tanpa adanya paksaan, peserta didik banyak menerima ilmu dari sumber yang konkret dan mudah dipahami serta akan terus berkomitmen untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sesuai bakat dan minat peserta didik.

Menyenangkan bukan? Pendidikan adalah pilihan, sekolah bisa dimana saja.  Lalu tunggu apalagi? Mari gabung belajar bersama PKBM HSPG Homeschooling Primagama Medan. Di jalan Sei Bahorok No 36 Medan CP 082362029669

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved