Target Skor Tinggi di PON Papua, Atlet Menembak Shiva Latih Fokus Lewat Meditasi

Meski belum terlalu intens, namun atlet putri asal kota Medan ini mengatakan ingin sejak jauh hari mempersiapkan diri.

Target Skor Tinggi di PON Papua, Atlet Menembak Shiva Latih Fokus Lewat Meditasi
Tribun Medan/Chandra Simarmata
Atlet putri Sumut cabang olahraga menembak, Shiva Awallu Nissa. 

TRIBUN-MEDAN.com - Atlet menembak Perbakin Sumatera Utara, Shiva Awallu Nisa, mulai mempersiapkan diri untuk persiapan berlaga di ajang akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

Usai meraih tiket lolos PON Papua, dia kembali berlatih hari Sabtu (28/12/2019).

Meski belum terlalu intens, namun atlet putri asal kota Medan ini mengatakan ingin sejak jauh hari mempersiapkan diri.

"Saya sudah lolos babak kualifikasi PON. Yang kemarin waktu di event SEASA Agustus lalu bisa meraih skor 550, sedangkan limit MQS 548. Jadi latihan sudah bisa dimulai untuk persiapan PON," ujarnya kepada Tribun Medan.

Shiva mengatakan, persiapannya sejak jauh-jauh hari bukan tanpa alasan. Selain untuk rutinitas, juga sebagai evaluasi dari kejuaraan nasional antar Pengprov Perbakin se Indonesia yang digelar baru-baru ini.

Dia menuturkan, sempat mengalami penurunan skor saat mengikuti ajang Kejuaraan Nasional (kejurnas) antar Pengprov Perbakin yang digelar 17-21 Desember kemarin.

Selain gagal meningkatkan skor nya, atlet muda kelahiran 11 April tahun 2000 ini juga tak berhasil memboyong medali. Karena itu dia bertekad mempersiapkan diri lebih matang. Pasalnya di PON Papua nanti dia bakal berhadapan dengan lawan yang pastinya juga telah bersiap diri.

"Nilainya kemarin waktu kejurnas antar pengprov turun. Dari 550 jadi 553. Jadi bakal latihan lebih diperbanyak lagi untuk tingkatkan skor," kata peraih Juara Kejurnas Menembak Pangdam Jaya, Februari 2019 ini.

Lebih lanjut kata Shiva berdasar evaluasinya dari kejurnas antar pengprov Perbakin kemarin, dia menilai dirinya kurang fokus sehingga gagal meraih poin maksimal.

Karena itu untuk membenahi kelemahannya, dia bertekad melatih daya fokusnya. Salah satu caranya adalah dengan meditasi dan visualisasi.

Mahasiswi Jurusan Manajemen Informatika Universitas Harapan Medan ini berharap waktu persiapan nya yang masih cukup panjang bisa meningkatkan kualitasnya.

Apalagi dia juga menargetkan bisa menyumbang medali bagi sumut di ajang PON papua tahun depan.

"Latihan harus lebih fokus lagi. Kemarin jadi bahan evaluasi. Coba tingkatkan fokus dengan meditasi 15 menit di awal latihan. Harapannya yang pasti lebih baik lagi dan bawa pulang mendali untuk Sumut," tutup peraih emas South East Asia Shooting Association (SEASA) dan Kejuaraan Menembak Indonesia Open di Jakarta Agustus lalu ini.

(cr11/tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved