Disdukcapil Medan Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Miliki Dokumen Kependudukan

Disdukcapil menerapkan kebijakan stelsel aktif, meliputi pelayanan keliling, pelayan insidental, sosialisasi, dan penyuluhan.

Disdukcapil Medan Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Miliki Dokumen Kependudukan
Shutterstock
Ilustrasi KTP sebagai salah satu dokumen kependudukan 

TRIBUN-MEDAN.com - Dalam rangka memberi pelayanan publik, terutama terkait dokumen kependudukan, Kota Medan setiap harinya menerbitkan rata-rata 2.740 dokumen Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Langkah tersebut memudahkan masyarakat memiliki dokumen kependudukan guna memberi keabsahan identitas dan kepastian hukum, serta memenuhi administrasi dan pelayanan publik lainnya.

“Sampai 23 Desember 2019, kami telah menerbitkan 2.740 dokumen kependudukan, meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Kartu Identitas Anak (KIA), dan surat keterangan pindah datang-masuk,” kata Kadis Disdukcapil Kota Medan Zulkarnain dalam keterangan tertulis (30/12/2019).

Ia melanjutkan, total dokumen kependudukan yang diterbitkan Disdukcapil sepanjang 2019 sebanyak 565. 494 dengan rincian 256.583 keping KTP, 147.614 KK, 112.767 KIA, serta 48.530 surat keterangan pindah datang-masuk.

Menurut Zulkarnain, besarnya dokumen kependudukan yang telah diterbitkan menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan.

Meski begitu, database kependudukan menunjukkan, masih ada masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan seperti Akta Kelahiran dan Perkawinan.

Menyikapi kondisi itu, Disdukcapil menerapkan kebijakan stelsel aktif, meliputi pelayanan keliling, pelayan insidental melalui event tertentu, sosialisasi, dan penyuluhan.

“Kita juga membuat program Jumat Menyapa dan melakukan kerja sama dengan berbagai institusi seperti rumah sakit, sekolah, serta pusat-pusat rekreasi maupun edukasi,” kata Zulkarnain.

Tantangan pelayanan administrasi kependudukan

Ia mengaku, masih banyak tantangan dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan.

Halaman
123
Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved