Tingkatkan Kualitas Pesilat, IPSI Sumut Agendakan Ada Try Out Jelang PON Papua

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumut mengagendakan bakal mengadakan try out (uji coba) bagi para atlet yang meraih tiket lolos

Tingkatkan Kualitas Pesilat, IPSI Sumut Agendakan Ada Try Out Jelang PON Papua
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Para pesilat Sumut bersama pelatih saat mengikuti kejuaraan nasional Cabor pencak silat yang juga babak kualifiaksi Pra-PON bertempat di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta 13-17 November 2019 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumut mengagendakan bakal mengadakan try out (uji coba) bagi para atlet yang meraih tiket lolos berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

Ketua pengurus provinsi (pengprov) IPSI Sumut, Dahliana mengatakan, ada tiga daerah yang menurutnya bisa menjadi tempat bagi atlet pelatda PON menjalani program try out.

Menurutnya, selain di dalam negeri yakni pulau Jawa, untuk luar negeri, Thailand dan Malaysia juga bisa menjadi lokasi try out.

Sebagai negara jiran, Thailand dan Malaysia dinilai cocok bagi pesilat Sumut untuk menjalani latihan. Di Thailand, jika jadi, maka program dapat diselaraskan dengan kejuaraan di sana untuk bisa diikuti.

"Bisa di tiga tempat itu. Di pulau Jawa misalnya bisa di Jawa Barat, DKI dan Bali juga bisa. Jika ke luar negeri, Thailand dan Malaysia berbarengan dengan ikuti kejuaraan di sana juga," ujarnya, Minggu sore (29/12/2019).

Namun kata Dahliana, rencana try out tersebut masih akan dibahas bersama KONI Sumut. Hal ini karena pelatda PON KONI Sumut baru akan resmi bergulir mulai Januari 2020.

Meski demikian, lanjutnya, para atlet IPSI Sumut yang sudah meraih tiket lolos tetap rutin betlatih usai berlaga di kejurnas pertengahan November lalu.

Meski belum terlalu intens, para atlet tetap harus bersial jauh-jauh hari.

Dahliana mengatakan, IPSI Sumut harus bisa mempersiapkan para atletnya sematang mungkin untuk berlaga di PON 2020.

Dia berharap, dengan adanya try out dapat semakin meningkatkan kemampuan dan jam terbang atlet. Selain itu, persiapan tim silat Sumut juga akan semakin matang jelang berlaga di PON Papua.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved